1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Agar Salat Idul Fitri Makin Berkah, Laksanakan Amalan Sunahnya Ini

Rabu, 13 Juni 2018 16:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright Liputan6.com

Vemale.com - Hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 28 Ramadan. Hari Raya Idul Fitri pun tinggal menghitung hari. Buat kamu yang beragama muslim, sudah siap menyambut Hari Raya dan melakukan Salat Idul Fitri yang hanya dilakukan sekali dalam setahun?

Dilansir dari laman bersamadakwah.net, menjalankan Salat Idul Fitri di Hari Raya sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Salat Idul Fitri merupakan salah sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan semua umat muslim.

خَمْسُ صَلَوَاتٍ فِى الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ . فَقَالَ هَلْ عَلَىَّ غَيْرُهَا قَالَ لاَ ، إِلاَّ أَنْ تَطَوَّعَ

“Sholat lima waktu sehari semalam.” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ada kewajiban (sholat) lain?” Beliau menjawab, “Tidak, kecuali engkau mengerjakan sholat sunnah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَ فِيْ عِيْدَيْنِ العَوَاطِقَ وَالْحُيَّضَ لِيَشْهَدْناَ الخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِيْنَ وَتَعْتَزِلَ الْحُيَّضُ الْمُصَلِّى

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami keluar menghadiri shalat ‘id bersama budak-budak perempuan dan perempuan-perempuan yang sedang haid untuk menyaksikan kebaikan-kebaikan dan mendengarkan khuthbah. Namun beliau menyuruh perempuan yang sedang haid menjauhi tempat shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mengingat akan pentingnya melakukan Salat Idul Fitri, bagi kita semua umat muslim alangkah baiknya untuk tidak melewatkan salat ini. Dan agar Salat Idul Fitri yang dikerjakan semakin berkah dengan pahala berlimpah, ada beberapa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum maupun sesudah salat.

Baca Juga: Menjelang Hari Raya, Bagaimana Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri?

Sunah-sunah Salat Idul Fitri tersebut adalah:

Mandi Sebelum Berangkat
Pastikan untuk mandi dan membersihkan diri serta bersuci sebelum berangkat ke lapangan atau masjid untuk menunaikan Salat Idul Fitri. Rasulullah SAW dan para sahabatnya selalu mandi dan membersihkan diri ketika hendak pergi mendirikan Salat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Memakai Pakaian Terbaik
Sunah selanjutnya adalah memakai pakaian terbaik. Terbaik di sini bukan berarti pakaian baru. Tapi pakaian yang dianggap paling baik, sopan, sesuai syariat agama dan nyaman dikenakan serta bersih.

Memakai Wewangian
Kaum pria begitu dianjurkan untuk memakai wewangian ketika hendak mendirikan Salat Ied. Sementara untuk wanita, cukup membuat dirinya juga pakaiannya bersih sehingga bau badannya tidak mengganggu orang lain di sekitarnya meski tak memakai wewangian sekalipun.

Mengajak Seluruh Keluarga dan Anak-Anak
Ajaklah semua sanak keluarga untuk berbondong-bondong mendirikan Salat Ied. Bahkan ketika kamu memiliki anak-anak yang masih kecil, kamu dianjurkan untuk tetap pergi ke lapangan atau masjid tempat di mana Salat Ied digelar. Dan untuk kamu yang sedang haid, kamu juga dianjurkan datang untuk mendengarkan khotbah Ied.

Takbir Menuju Tempat Salat
Lantunkan takbir selama menuju tempat salat. Tak perlu lantang saat melantunkannya, melantunkan dengan suara lirih atau cukup di dalam hati juga dianjurkan.

Berjalan Kaki
Untuk menuju tempat salat Ied, dianjurkan untuk jalan kaki. Tapi, jika tempat yang dituju jauh, kamu bisa mengendarai kendaraan. Selain dianjurkan jalan kaki, kamu juga dianjurkan melewati jalan yang tidak sama saat pergi maupun pulang dari tempat salat.

Itulah beberapa sunah-sunah dari Salat Ied. Sunah lain di Hari Raya Idul Fitri adalah mengusahakan makan atau sekedar minum air sebelum pergi ke tempat salat. Sedangkan saat salat Idul Adha, dianjurkan untuk makan selepas pulang dari tempat salat. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menyambut Hari Raya. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
#MusikTalk The Jawara - Racun Cinta Dari Mantan Personil D'Bagindas