1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Menjelang Hari Raya, Bagaimana Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri?

Rabu, 13 Juni 2018 15:21 Penulis: Rohmitriasih
copyright shutterstock.com

Vemale.com - Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 28 Ramadan. Dengan sampainya umat muslim ke penghujung Ramadan, tidak lama lagi umat muslim akan mendirikan Salat Idul Fitri yang hanya terjadi dalam satu tahun sekali.

Melansir dari laman islami.co, Salat Ied termasuk ke dalam salah satu bagian syiar Islam dan merupakan anugerah yang Allah berikan khusus kepada hamba-hambanya. Secara bahasa Ied berarti kembali, yaitu karena diharapkan umat muslim kembali fitri dan suci, kembali bahagia dan gembira dengan datangnya hari tersebut.

Salat Ied sendiri hukumnya sunah muakad bagi semua muslim baik yang bermukim maupun yang sedang dalam perjalanan jauh (musafir).

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Artinya: “maka laksanakanlah sholat karena tuhanmu, dan berqurbanlah. (QS Alkautsar 2).

Niat Salat Idul Fitri


اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

"Aku niat salat idul fitri sunnah dua reka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala"

Itulah niat salat idul fitri ketika kita berlaku sebagai makmum. Jika kita berlaku sebagai imam, kita hanya perlu mengubah kata makmuman menjadi imaman.

Tata Cara Saat Idul Fitri
Seperti salat sunah lainnya, salat idul fitri juga didirikan dalam dua reka'at dengan satu kali salam.

  1. Bacalah niat
  2. Takbiratul ihram
  3. Takbir lagi (takbir zawa-id) sebanyak tujuh kali. Di antara takbir pertama dengan takbir selanjutnya, umat muslim dianjurkan untuk membaca dzikir dengan memuji Allah. Adapun bacaan dzikir tersebut adalah سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ (subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallahu akbar). 
  4. Membaca surat Al Fatihah kemudian dilanjutkan dengan bacaan surat lainnya. Dianjurkan surat yang dibaca adalah Surat Qof atau Surat Al A'la. 
  5. Ruku' 
  6. I'tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud
  10. Bangkit untuk melanjutkan reka'at kedua dan takbir sebanyak lima kali. Di antara takbir masih dianjurkan untuk membaca pujian kepada Allah. 
  11. Membaca Al Fatihah dilanjutkan surat Al Qomar atau Al Ghosiyah. 
  12. Ruku'
  13. I'tidal
  14. Sujud
  15. Duduk di antara dua sujud
  16. Sujud
  17. Tasahud Akhir
  18. Salam

Ladies, itulah niat dan tata cara salat Idul Fitri. Rasulullah menganjurkan bahwa mendirikan Salat Idul Fitri dilakukan secara berjamaah. Lebih afdol dilakukan di tanah lapang. Tapi jika terjadi hujan, Salat Ied bisa dilakukan di tempat lain yang teduh. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri bagi yang menyambutnya.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Kensington Palace Umumkan Kehamilan Meghan Markle