Sukses

Lifestyle

Kenalkan Bapak Zulkifli, Pria Usia 89 Tahun yang Setia Menjual Buku

Usia bapak Zulkifli sudah 89 tahun. Meski begitu, ia tak patah semangat untuk terus bekerja dan menjajakan buku-buku di lapaknya di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta. Dilansir dari laman brilio.net, buku telah menjadi sumber hidup sekaligus sumber inspirasi buatnya.

Di usianya yang sudah tak muda lagi, bapak Zulkifli tak pernah berpikir dirinya akan berhenti berjualan buku. Dengan buku, puluhan tahun bapak 7 anak ini mengaku dirinya bisa mencukupi kebutuhan keluarganya dan menjalani hidup lebih baik.

"Alhamdulillah, waktu zaman dulu. Cukup sekali. Sekarang sudah goncang, apalagi buku pendidikan kan gonta ganti. Kalau buku umum emang nggak, ya normal biasa." Ungkap bapak Zulkifli.

 

Copyright video/Youtube.com/Brilio Video Indonesia



Bapak Zulkifli sendiri lahir di Aceh. Hingga pada tahun 1945an, ia bersama keluarganya pindah ke Yogyakarta. Di kota ini, ia mulai merintis karir sebagai penjual buku. Mulanya ia menjual buku bekas di Pasar Bringharjo lalu pindah ke tempatnya sekarang pada tahun 1980an.

Ada alasan menarik kenapa bapak 89 tahun ini memilih berjualan buku. Baginya, buku adalah sumber pengetahuan. Walau tidak sekolah, seseorang bisa mendapat banyak pengetahuan dari buku. Bapak Zulkifli memiliki prinsip inspiratif mengenai buku, "Aku punya prinsip dulu, setelah putus sekolah, jangan sampai terputus dari buku. Aku berniat jualan buku agar sambil bisa baca-baca. Bagiku, buku itu menghibur. Aku senang jualan buku. Bisa dikatakan aku terhibur oleh buku."

Kini, selain sibuk jualan buku, bapak Zulkifli juga masih aktif membaca-baca buku. Meski begitu senang dengan buku, pria ini tak pernah mengabaikan kewajibannya sebagai orang tua dan sebagai manusia yang beragama.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading