Sukses

Lifestyle

Agar Surga Enggan Menolakmu, Pastikan Kamu Menjaga Pandangan

Segala amal dan perbuatan yang kita lakukan di dunia kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Dan seluruh tubuh pun akan memberi kesaksian tentang apa-apa yang pernah kita lakukan. Termasuk kesaksian mata kita tentang apa-apa yang pernah dilihatnya, siapa yang pernah dipandangnya hingga seberapa kuat sang pemiliknya menundukkan pandangan.

Menjaga pandangan merupakan salah satu perintah agama yang harus kita jalani jika kita ingin mendapatkan pahala berlipat ganda, selamat dari api neraka juga terhindar dari fitnah.

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Artinya: “Katakanlah kepada orang yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (An-Nur: 30)

Tuhan meminta setiap hambaNya untuk menjaga pandangan tentu bukan tanpa alasan. Menjaga pandangan bisa membuat seseorang mendapatkan banyak pahala, dijauhkan dari segala perbuatan yang mungkar, membersihkan hati dari pengaruh hawa nafsu setan serta membuat seseorang jadi pribadi yang lebih tenang, beriman serta taqwa.

Siapa yang dengan senang hati serta tulus ikhlas menjaga pandangan karena Allah SWT, dikatakan bahwa surga akan enggan menolaknya.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Hendaklah kamu menjamin padaku enam perkara, niscaya aku menjadi surga bagi kamu. Jujurlah apabila berbicara sempurnakanlah (janji kamu) apabila berjanji, tunaikanlah amanah apabila kamu diberi amanah, jagalah kemaluan, tundukkanlah pandangan dan tahanlah tangan kamu (dari hal yang tidak baik)." (HR. at Thabrani).

Rasulullah juga bersabda, ""Penglihatan adalah bagaikan anak panah beracun yang dilepaskan dari busur panah Iblis. Barang siapa meninggalkannya karena takut kepadaku, maka aku akan memberikan suatu ketenangan yang kemanisannya itu dapat ia rasakan di dalam hatinya." (Hadits riwayat Ahmad dan Ath-Thabari).

Mengingat pentingnya menjaga pandangan, pastikan untuk menjaga pandangan kamu mulai sekarang. Tingkatkan jika sudah baik dan segera perbaiki jika belum baik. Marhaban ya Ramadan, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading