Sukses

Lifestyle

3 Waktu Terbaik untuk Berdoa Saat Ramadan

Ladies, Ramadan dipercaya sebagai bulan penuh berkah. Saat semua harapan dan doa dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu beribadah di bulan Ramadan maka pahalanya akan dilipatgandakan. Doa baik pun mudah dihijabahkan oleh Allah. Namun tahukah kamu jika ada waktu terbaik untuk berdoa saat ramadan.

Yuk, simak tiga waktu terbaik untuk berdoa agar dikabulkan oleh Allah SWT di bulan Ramadan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Waktu Sahur

Ketika berdoa waktu sahur maka akan mudah dihijabah oleh Allah SWT. Hal ini seperti diriwayatkan dalam Hadist yaitu:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; " Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allahberfirman, " Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Hal ini juga ditegaskan oleh Ibnu Hajar dengan berkata, "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32).

Saat Berpuasa

Saat berpuasa jangan lupa untuk selalu berdoa, waktu puasa adalah waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Seperti yang dijelaskan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

" Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Dan, Imam Nawawi rahimahullah berkata, " Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273).

Ketika Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, jangan lupa untuk menyempatkan ucapkan syukur dan berdoa. Saat berbuka adalah waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Seperti hadist nabi berikut ini.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; " Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Ladies, berdoa sebaik mungkin dan dengan setulusnya maka insyaallah doamu akan terkabul. Selamat menjalankan ibadah puasa.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading