Sukses

Lifestyle

Berhenti Menyalahkan Orang Lain, Bisa Jadi yang 'Racun' Adalah Kamu

Menyalahkan orang lain memang paling mudah. Hmm, tapi sebelum menyalahkan orang lain coba pikirkan benarkah yang salah adalah orang lain? Sebelum mengatakan orang lain sebagai racun, pastikan kamu bukan racun itu sendiri. Yakin kamu tidak pernah membuat orang lain kesal dan marah? Yakin kamu tidak memiliki andil dengan perdebatan dan pertengkaranmu bersama orang lain?

Well, paling mudah adalah menyalahkan orang lain. Dan yang sering tidak kita sadari adalah jika kamu berhak untuk mengeluh maka orang lain juga berhak melakukan hal yang sama. Sebaliknya yang sering kita lakukan adalah merasa jika kita adalah satu-satunya orang yang memiliki masalah, dan masalah orang lain adalah hal sepele. Sebaliknya masalah orang lain lebih berat daripada kita.

Tanpa sadar kamu selalu mengeluh tentang banyak hal, kerjaan, pasangan, keuangan hingga beberapa orang yang tidak 'seide' denganmu. Well, mengeluh boleh saja, tapi selalu ingat jangan biarkan kamu mengeluh sepanjang waktu sehingga lupa bahwa dunia tidak selalu tentang kamu dan hal yang kamu alami saja. Ada orang lain yang perasaannya perlu kamu jaga.

Ladies, jangan biarkan sikap kamu justru menyakiti hati orang lain. Ketika hidup kamu datar dan biasa saja bukan berarti kamu menyalahkan orang lain kemudian memanfaatkan orang lain agar hidupmu lebih seru. Jika memang ada beberapa hal yang tidak kamu suka balas saja dengan terima kasih. Bisa jadi, ucapan dan pujian yang diberikan padamu adalah hal yang tulus darinya.

So, mulai sekarang berhenti menyalahkan orang lain. Apa yang kamu putuskan pertanggungjawabkan risikonya. Selamat hari ini dan jangan lupa untuk bahagia.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading