KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Belajar Urus Rumah & Memasak Sejak Usia 5 Tahun, Kisah Anak Ini Menyentuh

Selasa, 05 Desember 2017 16:30 Penulis: Rohmitriasih
copyright en.goodtimes.my

Vemale.com - Apa yang umum dilakukan anak-anak saat usianya tak lebih dari 5 tahun? Umumnya, anak-anak ini akan disibukkan dengan aktivitas bermain, belajar dan sejenisnya. Tapi, ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh anak bernama Hana Yasutake.

Dilansir dari laman en.goodtimes.my, sejak usia 5 tahun, Hana sudah mulai belajar memasak, mengurus rumah, memberi makan anjing peliharaan dan memastikan anggota keluarganya terawat dengan baik. Hana yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang ini merupakan buah hati pasangan Shigo dan Chie Yasutake.

Hana dan mendiang sang ibu/copyright en.goodtimes.my

Ia adalah satu-satunya anak di keluarganya. Ayah dan ibunya menikah pada tahun 2000. Meski saat itu sang ibu divonis menderita kanker payudara, ayahnya tetap bersikukuh menikahinya dan memberi dukungan penuh padanya. Selepas menikah, dokter mengatakan jika kanker di tubuh Chie telah sembuh. 3 tahun setelah pernikahannya, Chie pun mengandung Hana dan melahirkannya.

Walau sebelumnya dokter mengatakan kanker di tubuh Chie sembuh, saat usia Hana 9 bulan, kanker di tubuh Chie kembali kambuh. Kanker itu bahkan semakin parah dan menggerogoti tubunya. Tak ingin buah hatinya tumbuh lemah tanpa seorang ibu di sisinya, Chie pun mengajarkan banyak hal kepada Hana sejak usianya 4 tahun.

Dengan penuh kesabaran Chie melatih Hana untuk menjadi anak yang mandiri. Dari hari ke hari, Hana mulai mahir mencuci baju, menyapu, mengepel lantai, melipat baju juga memasak berbagai masakan. Semua pengalaman ini, Chie menuliskan di akun blog pribadinya. Tahun 2008, tulisan terakhir Chie dipostingnya di blognya tersebut. Ibu mengesankan ini menuliskan, "Aku ingin anakku bisa melakukan banyak hal sendirian, karena aku akan tetap mati walau aku terkena kanker atau tidak."

Hana dan sang ayah/copyright en.goodtimes.my

Di usia 33 tahun tepatnya bulan Juli 2008. Chie menghembuskan nafas terakhirnya. Sedangkan Hana, ia telah tumbuh menjadi gadis kecil yang manis, mandiri dan mengagumkan. Tahun 2012, tulisan-tulisan Chie telah dikumpulkan oleh Hana maupun ayahnya, Chigo. Tulisan-tulisan tersebut selanjutnya disusun menjadi buku yang diberi judul Hana Chan No Miso Shiru.

Buku ini bahkan telah diangkat ke layar lebar dan mendapat beberapa penghargaan sekaligus. "Aku ingin memberitahu ibu bahwa aku sekarang bisa membuat bento lengkap. Aku kini juga sudah tidak menangis lagi," ungkap Hana.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA