Sukses

Lifestyle

Beda Pendapat di Medsos Itu Hal Biasa, Tapi Please Jangan Asal Menghakimi

Disadari atau tidak, saat ini kita sebenarnya hidup di "dua dunia". Dunia nyata yang kita jalani saat ini dan juga dunia media sosial tempat kita berinteraksi serta berkomunikasi sehari-hari. Kehadiran media sosial memang memberi ruang yang lebih luas bagi kita untuk mencari informasi dan menjalani komunikasi. Berbeda pendapat atau berbeda pandangan akan suatu isu di media sosial pun menjadi hal yang biasa.

Hanya saja kadang karena kita merasa yang paling benar sendiri, dengan mudahnya kita menghakimi orang lain. Kalau sudah saling menghakimi, banyak pihak yang akan tersinggung. Sebuah masalah yang tadinya sepele pun bisa menjadi besar dan makin tak karuan jadinya. Membedakan mana yang benar dan mana yang salah pun jadi makin sulit dilakukan.

Masing-Masing Orang Memang Punya Pandangan Berbeda
Nggak mungkin kita bisa memiliki pandangan yang sama pada setiap hal. Setiap orang pasti punya pandangannya sendiri. Saat ada suatu masalah atau kasus, kita pasti akan memiliki pendapat sendiri tentang hal tersebut. Menanggapi sebuah isu yang muncul di media sosial, berdebat dan berargumen menjadi hal yang biasa. Tapi jangan sampai kita menjatuhkan orang lain sembarangan, ya ladies. Mudah bagi kita menyalahkan orang lain, sampai kita sering tidak sadar bahwa kita juga perlu dikoreksi orang lain.

Jangan gampang menghakimi./Copyright picturequotes.com

Menyudutkan Orang Lain Tanpa Alasan Tidak Membuat Kita Hebat
Kita kadang begitu egois. Merasa paling benar sendiri. Merasa paling hebat dengan argumen yang kuat. Bahkan bisa merasa menjadi orang yang paling pintar di antara lainnya. Tapi kita juga perlu ingat bahwa menyudutkan orang lain dengan argumen sok pintar kita tak bakal membuat diri kita kelihatan hebat. Di dunia media sosial, memang kita perlu berhati-hati dalam bersuara agar masalah yang tadinya sepele tidak dibesar-besarkan tanpa alasan yang jelas.

Cara kita memperlakukan orang lain jadi cerminan diri kita sendiri./Copyright thedailymind.com

Perbedaan Pendapat Itu Dihargai Bukan Dihakimi
Setiap hari melihat perdebatan yang tak berujung di media sosial, kadang rasanya capek juga ya ladies. Masalah kita sudah terlalu banyak, masak iya mau menambah masalah dengan merasa sok paling benar di antara semuanya. Perbedaan pendapat yang ada itu sebaiknya dihargai, bukan malah digunakan senjata untuk saling menghakimi.

Hormati setiap perbedaan pendapat./Copyright lifequotesru.net

Saatnya kita lebih bijak menggunakan media sosial. Beda pendapat dan mengutarakan opini atau pandangan pribadi akan sebuah hal itu sah-sah saja. Tapi jangan sampai membuat kita kebablasan dan egois sampai menghakimi dan menyudutkan orang lain tanpa alasan. Bukankah kita juga ingin dihormati? Karena itu kita juga perlu menghormati yang lain.

Cara kita menggunakan media sosial juga mencerminkan siapa diri kita yang sebenarnya. So please, jangan merusak image pribadimu dengan menjatuhkan orang lain di media sosial.







(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading