KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

5 Alasan Quarter Life Crisis (Krisis Seperempat Baya) Itu Baik Untukmu

Kamis, 16 November 2017 18:45 Penulis: nda
Semangat usia 20an./Copyright pixabay.com

Vemale.com - Kamu sekarang berusia 20an dan sedang mengalami masa-masa yang begitu berat dalam hidupmu? Bisa jadi kamu sedang mengalami quarter life crisis atau krisis seperempat baya. Saat mengalami krisis ini, kamu akan mengalami periode di mana kamu makin sering dilanda rasa khawatir, ketidakpastian dalam hidup, dan batin yang rasanya kacau nggak karuan.

Kalau mendengar kata krisis, pikiran kita biasanya akan mengasosiasikannya dengan hal-hal yang negatif. Tapi sebenarnya quarter life crisis ini justru bisa membawa banyak kebaikan dalam kehidupan kita, lho. Alasannya...

1. Mendorongmu untuk Mencoba Hal-Hal Baru
Dilanda perasaan stres, kacau, dan nggak tenang, kamu akhirnya mencoba untuk meningkatkan kesibukan. Di sini, kamu akan tergerak untuk mencoba hal-hal baru. Tanpa disadari, kamu menambah lebih banyak pengalaman seru dalam hidupmu. Hidupmu jadi terasa lebih berwarna.

Quarter life crisis./Copyright namimscott.com

2. Membuatmu Jadi Pribadi yang Lebih Dewasa dan Mandiri
Di pertengahan usia 20an, biasanya akan ada banyak masalah baru yang kamu alami. Mau tak mau kamu harus bisa menyelesaikannya satu per satu. Meski sulit dan harus jatuh bangun berulang kali, pada akhirnya semua pelajaran itu akan membuatmu jadi pribadi yang lebih kuat, dewasa, dan mandiri. Dari setiap masalah dan kesulitan yang ada, kamu akan selalu mendapat pelajaran baru.

Banyak hal yang akan kita pelajari./Copyright picturequotes.com

3. Membantumu Membangun Prioritas yang Baru
Di sini kamu tergerak untuk kembali menciptakan tujuan baru dalam hidup. Kamu akan tergerak untuk membangun prioritas baru. Mulai bisa membedakan mana yang yang penting dan tidak. Mulai bisa membedakan mana yang memang akan memberi manfaat dan mana yang hanya akan membuang-buang waktu saja.

4. Mendorongmu untuk Menggali Potensi Diri yang Baru
Kadang justru karena dalam keadan terdesak, kita melakukan sesuatu yang baru yang tak pernah kita sangka sebelumnya. Sama seperti ketika sedang mengalami krisis seperempat baya ini. Ada banyak kekhawatiran dan kecemasan yang kamu rasa, tapi dengan begitu kamu akan tergerak untuk menggali potensi dan hal-hal baru dalam hidupmu demi mengatasi semua kecemasan yang sedang kamu alami.

Usia 20an tak akan pernah terulang./Copyright coffeewithsummer.com

5. Menggerakkanmu Membuat Perubahan yang Berdampak Besar pada Masa Depanmu
Kamu akan mulai belajar menerima kelemahan dan kekuranganmu. Sementara itu, kamu akan terus tergerak untuk meningkatkan kelebihan dan kemampuanmu. Di sini nantinya kamu bakal bisa membuat perubahan yang berdampak besar bagi masa depanmu. Perasaan tidak nyaman di krisis seperempat abad ini sebenarnya hanya sinyal agar kamu bisa melakukan sebuah perubahan demi kehidupan yang lebih baik kelak.

Akan selalu ada fase baru yang akan kita hadapi dalam hidup. Di usia 20an ini, tetaplah fokus jalani hidupmu dengan positif, ya ladies. Karena bagaimana pun hidup hanya sekali, kita nggak akan bisa kembali mengulang setiap masa yang sudah kita lewati.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA