Sukses

Lifestyle

Beri Pelukan Hangat Gantikan Ibu untuk Bayi di ICU, Video Kakek Ini Viral

Bagi bayi, pelukan dan kehangatan tubuh ibu adalah hal yang secara ajaib punya andil besar dalam pertumbuhannya, bahkan menjadi hal yang akan membuatnya bertahan hidup. Dan sepertinya pengertian inilah yang dipahami kakek bernama David Deutchman, yang dikenal juga dengan sebutan "ICU Grandpa" di rumah sakit Children's Healthcare of Atlanta.

Seorang ibu mendapati kakek David menggendong dan memeluk bayinya saat ia kembali ke rumah sakit, setelah mengurus anaknya yang lebih besar dari rumah. Saat ia ditanya oleh wanita tersebut, ia menjawab, "Aku adalah Kakek ICU".

Dia memang bukan seorang ibu, namun konsep kasih sayang dan pelukan hangat tertanam jelas di pikirannya, dan itulah yang dibutuhkan bayi yang baru lahir.

Setelah pensiun dari pekerjaannya sebagai eksekutif marketing internasional tahun 2000 lalu, kakek David menjadi dosen tamu di universitas area Atlanta, tapi itu tak berlangsung lama. Setelah ia menjalani rehabilitas karena cedera kaki, ia berhenti dan datang ke rumah sakit anak ini.

Kakek David menggendong bayi di ICU/copyright Facebook.com/Children's Healthcare Atlanta

"Aku memutuskan datang ke sini, berpikir apakah ada hal-hal yang bisa kulakukan secara sukarela. Mereka bilang ada, dan mereka menerimaku dengan senang hati," ujarnya pada CNN.

Awalnya ia hanya membantu hal-hal kecil, namun suatu hari ia berpapasan dengan dua ibu dari pasien anak-anak. Salah satu dari mereka menceritakan tentang kondisi anaknya yang akan operasi, padahal tahu ia adalah orang asing. Satu ibu lainnya datang padanya dan mulai menangis sembari menceritakan kondisi anak lelakinya. Ia pun menenangkan keduanya.

"Setelah hari itu, aku mengatakan pada pihak rumah sakit, aku tahu apa yang harus kulakukan di sini," ungkapnya.

Kini, dua kali seminggu, kakek David menghabiskan waktunya di area pediatrik dan neonatal ICU, menggendong dan memeluk bayi agar tetap hangat, membantu meringankan beban orangtua mereka.

Salah satu teman kakek David bertanya apa yang dilakukannya di rumah sakit, saat ia mengatakan bahwa ia sesekali menggendong bayi dan sebagainya, ia juga ditanya mengapa ia melakukan hal itu.

"Orang hanya tak paham, perasaan macam apa yang kamu dapatkan ketika bisa menggendong bayi seperti ini," ungkapnya.

ICU Grandpa yang tak sekedar menggendong bayi/copyright Facebook.com/Children's Healthcare Atlanta
Memeluk bayi rapuh telah terbukti memperbaiki kesehatan mereka, jelas Elizabeth Mittiga, seorang perawat NICU di rumah sakit Children's Healthcare of Atlanta. "Saat memberi kehangatan, ini sangat membantu bayi merasakan kenyamanan sehingga membantu mereka tumbuh lebih cepat, meningkatkan berat badan dan membantu mereka makan lebih baik."

"Semua ini pantas dan penting dilakukan," yakin kakek David.

Terkadang kakek David harus menemui bayi dengan kondisi yang memprihatinkan, ini membuat hatinya hancur. Dan inilah alasan mengapa kegiatannya di rumah sakit anak bukan hanya 'sekedar menggendong bayi'. Hem, apa yang dilakukan kakek David mungkin tampak sepele bagi orang lain ya ladies, namun ternyata pelukan itu tak sesederhana yang dipikirkan banyak orang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading