Sukses

Lifestyle

Kisah Pria Lulusan Universitas Ternama di Jepang & Pilih Mengabdi di Desa

Tak ada yang tak mungkin selama kita punya niat, tekad dan usaha sungguh-sungguh dalam menggapai cita-cita terbaik juga mulia. Seperti kisah seorang pria asal Desa Tapen, Banjarnegara, Jawa Tengah bernama Tuswadi berikut ini.

Tuswadi dulunya adalah anak seorang pedagang cangkul yang hidup serba pas-pasan. Meski begitu, ia memiliki tekad kuat melanjutkan pendidikannya di jenjang tertinggi. Tuswadi adalah pria yang cerdas, ramah dan sungguh-sungguh dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Dikutip dari laman brilio.net, Tuswadi atau yang saat ini lebih dikenal sebagai Mr. Tus atau Dr. Tus adalah seorang pria lulusan S2 dan S3 Universitas Hiroshima di Jepang. Ia juga mengantongi gelar doktor di bidang Pendidikan dan Mitigasi Bencana dari Universitas ternama di mana ia belajar tersebut.

Dr. Tus dan para anak didiknya/copyright facebook.com/tuswadi.banjarnegara

Walau telah berhasil lulus dengan nilai yang memuaskan di negeri orang, hal ini tak membuat Dr. Tus menyombongkan dirinya. Ia tetap menjadi pribadi yang ramah, santun dan tergerak buat memajukan negerinya. Lulus dari Universitas Hiroshima, Dr. Tus memilih pulang ke kampung halamannya di Desa Tapen. Di sini, ia memilih meneruskan profesinya dan mengabdi menjadi seorang guru SMA untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

Perjalanan inspiratif Dr. Tus dimulai saat ia sukses meraih gelar sarjana di Universitas Negeri Semarang pada tahun 1999. Lulus dari Unes ini, Dr. Tus melanjutkan pendidikan di Universitas Hiroshima dengan biaya sendiri juga beasiswa.

Melalui semangat dan ketekunannya, Dr. Tus kini telah berhasil mendirikan sebuah sarana pendidikan yang disebut "Rumah Pintar Dr. Tus." Di sini, diterapkan sistem pendidikan yang mengadopsi sistem pendidikan di Jepang. Selain mengedepankan kemampuan Bahasa Inggris, pendidikan di sini juga mengedepankan kemandirian, kekreatifan, pembentukan karakter, agama dan sosialisasi untuk para siswanya.

Sistem pendidikan di Rumah Pintar Dr. Tus mengadopsi sistem pendidikan yang ada di Jepang/copyright facebook.com/tuswadi.banjarnegara

Para pendidik di sini bahkan selalu memotivasi anak didik mereka agar senantiasa semangat dan meraih ilmu setinggi-tingginya. Sejauh ini, anak didik di rumah pendidikan binaan Dr. Tus sendiri telah membawa sedikitnya 25 anak untuk meneruskan pendidikan di luar negeri khususnya di Universitas Hiroshima.

Dr. Tus percaya bahwa dengan pendidikan yang baik, akan tercipta generasi bangsa yang baik pula. Apa yang ia lakukan, diharapkan bisa membawa anak-anak bangsa ini menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas di Indonesia maupun dunia. Good job Dr. Tus!

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading