Sukses

Lifestyle

Menyembelih Hewan Kurban di Idul Adha, Ajarkan Rasa Ikhlas & Syukur

Beberapa hari ke depan, umat muslim sampai pada hari yang bahagia dan penuh cinta. Yakni Hari Raya Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah tahun Hijriah. Di mana tahun ini adalah tahun ke 1438 Hijriah. Di kalender Masehi tahun ini sendiri, Idul Adha dipastikan oleh pemerintah jatuh pada hari Jumat, tanggal 1 September 2017.

Mengenai Hari Raya Idul Adha, ada banyak hal menarik yang bisa kita petik darinya. Tak hanya hal menarik, ini juga terdapat banyak hikmah serta manfaatnya.

"Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang beserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu.” (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Menyembelih hewan kurban saat Idul Adha pahalanya sangat besar/copyright http://whatsapphubstatus.com

Idul Adha memang identik dengan penyembelihan hewan Kurban. Hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau atau unta adalah hewan yang bisa dikurbankan. Perlu kita tahu, hewan yang disembelih untuk kurban tentunya bukan hewan sembarangan. Kesehatan, cukup umur dan kebaikan dari hewan kurban harus diperhatikan. Penting untuk menyembelih hewan kurban yang terbaik.

Tuhan menjanjikan pahala besar buat umatnya yang mampu dan ikhlas berkurban di Hari Raya Idul Adha. Selain dijanjikan pahala besar, kurban ini pada kenyataannya mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang ikhlas dan bersyukur. Ikhlas ketika harus menyedekahkan sebagian rezeki kita untuk sesama yang membutuhkan. Serta bersyukur atas nikmat juga kecukupan yang telah diberikan Tuhan pada kita.

Melalui kurban saat Idul Adha, ini mengajarkan manusia agar lebih dekat dengan penciptaNya. Ini juga mengajarkan manusia agar senantiasa memupuk rasa empati terhadap sesama, membangun solidaritas, melatih diri menjadi pribadi yang lebih dermawan dan peduli, menerima keberkahan rezeki serta menghindarkan sikap tamak.

Jadi ladies, tahun ini sudah siap kurban di Hari Raya Idul Adha? Sisihkan sebagian rezeki untuk berbagi karena Tuhan menjanjikan rezeki yang berlipat ganda ketika kita ikhlas serta mensyukuri rezeki yang datang serta pergi.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading