Sukses

Lifestyle

Kamu Berhak Bahagia Tapi Membahagiakan Semua Orang Bukan Tugasmu

Pernah merasa kecewa dan sakit hati? Rasa sakit hati dan kecewa ini bisa terjadi karena kamu terlalu sibuk memperhatikan perasaan orang lain. Kamu sibuk membahagiakan orang lain dengan mengorbankan perasaan dan keinginanmu sendiri. Padahal untuk membuat orang lain, pastikan kamu bahagia terlebih dahulu.

Menyenangkan orang lain memang baik. Tapi mengorbankan semua kepentinganmu adalah kesalahan. Pastikan sebelum membuat orang lain kamu merasa ikhlas, jangan sampai kamu membahagiakan orang lain dengan harapan mendapat imbalan. Jika ternyata tidak sesuai ekspektasi, jangan kecewa dan justru menyalahkan keadaan.

Bahagiakan Dirimu, Sebelum Orang Lain

Bagaimana caranya? Pastikan apa yang akan kamu lakukan agar orang tersebut bahagia adalah dengan tidak menyakiti dirimu. Awali dengan bertanya pada diri sendiri, benarkah yang kamu lakukan saat ini benar yang kamu inginkan? Jangan membohongi diri sendiri jika tidak ingin kecewa.

Pilah apa yang sesuai dengan keinginanmu. Hei, tetap ingat tidak mungkin kamu dapat memenuhi kebutuhan setiap orang. Pilih sesuai prioritas.

Setiap orang berhak bahagia / copyright pinterest/The Guidance Girl

Tanyakan Alasan Mengapa Kamu Harus Membahagiakan Orang Lain

Sebelum mengambil keputusan untuk membahagiakan orang lain di atas kepentinganmu. Pastikan kamu mengetahui tujuan mengapa harus melakukan hal tersebut. Hal ini dapat membantumu dalam mengambil langkah selanjutnya. Setelah mengetahui alasannya, kamu dapat menyinkronkan langkah yang harus kamu ambil.

Mengetahui hal ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan tanggapan dan hasil yang positif. Tentu saja, kamu akan merasa jauh lebih ikhlas melakukannya dan tanpa merasa tidak nyaman.

Selalu bersikap asertif yaitu mengungkapkan apa yang kamu inginkan dapat membantumu dalam mengambil keputusan. Tidak perlu memaksakan diri, bahwa keputusan yang kamu ambil harus dapat membahagiakan semua orang.

Hei, senyum orang lain bukan tanggung jawabmu. Kebahagiaan orang lain adalah kewajiban individu masing-masing. Selamat berbahagia, ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading