KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Perbedaan Selera Jangan Dijadikan Alasan untuk Merendahkan Orang Lain

Sabtu, 05 Agustus 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Yuk, hargai perbedaan./Copyright pexels.com/Danang Wicaksono

Vemale.com - Tak mungkin kita bisa memiliki selera yang sama dengan orang lain. Orang lain pun nggak mungkin punya selera yang sama juga dengan kita. Setiap orang bebas menentukan seleranya masing-masing.

Tapi yang sering kejadian adalah karena perbedaan selera, seseorang jadi merendahkan orang lain. Karena memiliki persepsi dan pemahaman yang berbeda dengan orang lain, seenaknya saja kita menghakimi orang lain. Atau karena ada orang lain yang merasa seleranya lebih baik, mudah sekali baginya menjatuhkan harga diri kita.

Sudut Pandang Setiap Orang Bisa Beda Satu Sama Lain
Cara setiap orang berpikir pasti berbeda satu sama lain. Kita tak bisa menyeragamkan apa yang kita pikirkan dengan yang dipikirkan orang lain. Begitu juga soal selera. Masing-masing orang punya seleranya sendiri. Karena keinginan dan kebutuhan tiap orang juga tak sama. Jadi pada dasarnya memang kita tak tak bisa menghakimi orang lain hanya karena berbeda.

Perbedaan itu wajar./Copyright instagram.com/thegoodquote

Hanya karena Berbeda, Kita Tak Bisa Memandang Rendah Orang Lain
Kita hidup dalam perbedaan. Dan perbedaan itulah yang membuat hidup jadi lebih berwarna. Tak seharusnya perbedaan jadi alasan kita merendahkan orang lain. Tak bisa kita merasa yang paling benar hanya karena orang lain berbeda dengan kita. Kita juga pastinya nggak mau kan direndahkan hanya karena kita berbeda dengan orang lain?

Dari Sesuatu yang Berbeda, Kita Belajar Banyak Hal
Selera orang yang berbeda. Pikiran dan pendapat orang lain juga berbeda. Dari perbedaan itu, kita justru akan belajar banyak hal. Belajar bahwa ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan dari sebuah perbedaan. Mending saling menghargai, daripada saling mencibir yang nggak akan gunanya, kan?

Yuk, saling menghargai perbedaan./Copyright pexels.com

Tak Perlu Menciptakan Masalah yang Tak Pernah Ada
Biasanya sih sering kejadian di media sosial. Karena ada seseorang yang punya selera yang berbeda dengan kita, kita jadi mencibir dan menyindirnya di dunia maya. Hal yang sebenarnya biasa saja malah jadi jadi masalah karena kita mengada-ada. Duh, hal yang kayak gini jangan sampai kejadian deh.

Saat kita merendahkan orang lain, yang terjadi sebenarnya adalah kita justru merendahkan diri sendiri di depannya. Nggak apa-apa kok beda selera dan beda pendapat. Kita juga nggak harus sepakat dengan pendapat orang lain. Yang terpenting adalah tetap berusaha saling menghargai dan menjaga hubungan dengan baik.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA