KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Terapkan Ini dalam Keseharianmu, Maka Hidup Bahagia Jadi Milikmu

Senin, 24 Juli 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Yuk, bahagia!/Copyright pixabay.com

Vemale.com - Mungkin kamu sudah sering mendengar kalau kebahagiaan itu diciptakan dan diusahakan. Kalau cuma menunggu saja sih, kita bakal susah banget untuk bahagia. Untuk bahagia, kita harus bisa melakukan sesuatu untuk mendapatkannya.

Sebenarnya untuk bahagia, kita hanya perlu menerapkan hal-hal sederhana dalam keseharian kita. Seperti hal-hal berikut ini.

Banyak-Banyaklah Berterima Kasih
Saat kita berterima kasih pada seseorang, pada hal-hal yang terjadi di hidup kita, dan lain sebagainya, kita akan lebih fokus pada aspek-aspek yang lebih positif dalam hidup. Dikutip dari sciencedirect.com, hal-hal menyenangkan bisa memicu produksi serotonin di anterior cingulate cortex dan teknik ini biasa digunakan untuk meredakan atau mengatasi depresi.

Bahagia itu diciptakan./Copyright facebook.com/joyofmom

Selesaikan Persoalan Satu per Satu
Otak kita akan terus bekerja untuk mencari solusi dari setiap masalah yang kita alami. Hal ini bisa sangat menguras tenaga, jadi ketika otak sudah lelah dan masalah belum juga terpecahkan, kita akan merasa tertekan dan gampang tersinggung. Sebaliknya, dari setiap masalah yang pada akhirnya berhasil kita selesaikan, otak akan memproduksi sejumlah neurotransmiter yang dapat membuat sistem limbik tenang dan membuat kita lebih optimis dalam hidup. Dengan kata lain, penting untuk menyelesaikan persoalan satu per satu sehingga otak tidak gampang lelah.

Jangan Memendam Masalah Sendirian
Punya masalah, kamu perlu segera mencari jalan keluarnya. Jangan memendamnya sendirian dalam jangka waktu terlalu lama. Dilansir dari buku Making up the Mind: How the Brain Creates Our Mental World, saat kita berani untuk mencari pertolongan atau terbuka soal masalah kita, otak akan memicu produksi serotonin dan sangat membantu kita untuk menemukan sisi positif dari sebuah situasi. So, penting juga nih punya teman curhat yang bisa diajak berbagi kapan saja.

Yuk bahagia setiap hari./Copyright id.pinterest.com/summersaylor

Lakukan Olahraga Rutin
Olahraga mungkin bikin tubuh capek. Tapi ketika tubuh sudah kembali pulih, kelenjar pituitari akan memproduksi lebih banyak endorfin yang bisa membuat emosi jadi terasa lebih stabil dan bahagia. Olahraga yang dilakukan nggak harus yang selalu menguras energi. Jalan kaki biasa pun sudah bisa memberikan efek bahagia.

Rencanakan Sesuatu yang Menyenangkan Secara Berkala
Seperti yang disebut dalam buku Making up the Mind: How the Brain Creates Our Mental World, otak kita bisa lansung merasa bahagia dengan hanya menunggu sesuatu yang menyenangkan untuk terjadi. Mungkin kamu juga pernah mengalaminya meski mungkin tak benar-benar menyadari. Seperti ketika mempersiapkan pesta ulang tahun untuk orang yang kamu cintai, maka setiap detik waktunya untuk menyambut hari tersebut akan terasa lebih menyenangkan. Jadi, coba bikin agenda melakukan hal-hal yang menyenangkan secara berkala untuk membuat harimu lebih berwarna.

Kalau selama ini kamu sering merasa susah bahagia, coba mulai terapkan hal-hal tersebut. Nanti kamu bisa merasakan sendiri perubahannya. Stay happy, ladies!

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : 17 Agustus Beauty Challenge!