KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Memaafkan Memang Tak Mengubah Masa Lalu, Tapi Bisa Mengobati Luka

Kamis, 22 Juni 2017 11:40 Penulis: Endah Wijayanti
Copyright pixabay.com

Vemale.com - Iya, memaafkan itu terkadang bukanlah perkara yang mudah. Rasa sakit hati karena dikhianati atau dilukai akan terus membekas. Seperti vas bunga yang sudah terlanjur pecah, sulit untuk bisa mengembalikannya ke bentuknya semula. Memaafkan mungkin tak akan bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Tapi memaafkan bisa mengobati semua luka yang ada di dalam hati.

Mungkin kita bukan orang yang bisa langsung memaafkan seseorang dengan mudah. Rasanya kita bukan orang yang kuat dan mampu memaafkan kesalahan seseorang semudah membalikkan telapak tangan. Karena terlanjur terluka, rasanya tidak rela memaafkan kesalahan orang lain dengan mudah. Tapi tahukah kalau memaafkan justru akan membebaskan diri dari semua dendam dan luka?

Memaafkan Justru Akan Meringankan Beban Hatimu

Saat kamu menahan dirimu untuk memberi maaf, kamu hanya akan menumpuk lebih banyak dendam dan emosi negatif dari dalam diri. Kalau dibiarkan terlalu lama, kamu hanya akan menyiksa dirimu sendiri. Untuk meringankan semua beban di hati, berikan maafmu. Kamu tak akan kehilangan apa-apa dengan memaafkan. Justru kamu akan mendapat lebih banyak kebahagiaan setelahnya.

Copyright thayyiba.com

Masa Lalu Memang Tak Bisa Diubah Tapi Masih Ada Masa Depan, Bukan?

Kenapa memaafkan? Meski kamu nggak bisa mengubah masa lalu, tapi kamu masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki masa depan. Ibarat vas yang sudah pecah tadi memang tak bisa diperbaiki. Tapi kamu masih bisa mendapatkan vas-vas baru dengan bunga-bunga yang lebih cantik ke depannya. Tak perlu lagi menyesali semua yang sudah terlanjur rusak atau pecah. Fokus kita adalah tetap melangkah ke depan dengan hati yang lebih ringan.

Copyright sayquotable.com

Saatnya Berhenti Menggenggam "Bara Api" di Tanganmu

Mau balas dendam? Buat apa juga. Sekalinya kamu balas dendam atas kesalahan atau perbuatan buruk orang lain, kamu akan ikut berubah jadi seburuk orang tersebut. Kalau sudah begini, apa pula bedanya kamu dengan orang yang kamu benci?

Copyright thequotepedia.com

Berhenti menggenggam "bara api" di tanganmu, Ladies. Lepaskan dendam dan relakan semua yang sudah lalu. Kita pun nggak bisa lepas dari salah dan khilaf. Setidaknya dengan memaafkan orang lain, kamu bisa lebih fokus untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dan lebih berhati-hati lagi dalam melangkah atau berhubungan dengan orang-orang di sekitarmu.

Tak perlu menunda-nunda lagi. Sekarang lah waktu terbaik untuk memaafkan orang-orang yang pernah melukai hatimu. Bagaimana pun, kamu berhak bahagia.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Dari KapanLagi Untuk Indonesia