Sukses

Lifestyle

Inspiratif, Sambil Berdagang Pemuda Ini Buka Perpustakaan Gratis

Kalau kata pepatah, buku adalah jendela dunia. Buku juga merupakan gudangnya ilmu. Barang siapa yang ingin menjadi pribadi berilmu, maka rajin-rajinlah membaca buku. Mengingat begitu pentingnya membaca, seorang pemuda di Cilacap, Jawa Tengah menjadi sosok pemuda inspiratif lewat buku.

Pemuda yang berusia 30 tahun bernama Anton Wibowo tersebut telah membuka perpustakaan gratis bagi orang-orang yang di sekitarnya terkhusus bagi para pelanggan otak-otak dagangannya. Ya, dikutip dari laman merdeka.com, Anton merupakan seorang pemuda yang bekerja sebagai pedagang otak-otak setiap harinya.

Selama tiga bulan terakhir, sambil berdagang ia selalu membawa buku-buku koleksinya dan meminjamkannya secara cuma-cuma. Aksinya ini dinamakannya sebagai sedekah ilmu. Anton mengatakan, "Meminjamkan buku secara cuma-cuma kami anggap sebagai sedekah ilmu. Setiap berjualan, saya selalu membawa buku untuk dipinjamkan. Saya senang saha melihat orang begitu antusias membaca buku."

Para peminjam buku di perpustakaan gratis milik Anton | Copyright by merdeka.com

Mengenai Anton, pemuda ini mengaku bahwa ia merupakan seorang yang hobi membaca buku. Untuk itulah, ia memiliki banyak buku di rumah. Agar buku-bukunya tak hanya dibaca olehnya, ia lalu membawa buku-buku tersebut setiap kali berdagang dan meminjamkan ke orang lain secara cuma-cuma.

Bersama seorang sahabatnya yakni Syarifudin, Anton membuka perpustakaan keliling gratis sambil berdagang. Dua orang ini menggelar perpustakaannya di Alun-Alun Kota Cilacap rutin setiap bulan Ramadan.

"Peminjamnya kebanyakan buruh pabrik. Sehari bisa lima orang yang pinjam. Dulu, saat belum kerja hidup saya seperti tak ada maknanya. Setiap hari keluyuran, mabuk. Saya ingin berbuat baik tapi nggak tahu bagaimana. Kini saya tahu bagaimana berbuat baik, ya walau sangat sederhana,"ungkap Syarifudin.

Perpustakaan gratis yang dikelola Anton bersama Syarifudin ini sendiri saat ini telah memiliki puluhan buku untuk dipinjamkan. Para peminjam akan diberi waktu meminjam paling lama 1 minggu. Kisah yang begitu inspiratif ya Ladies.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading