Sukses

Lifestyle

Puasa Hari ke-20, Siapkah Ibadah Lebih Dalam & Jalani I'tikaf?

Tidak terasa ya ladies, puasa sudah memasuki malam ke-20. Tinggal menghitung hari hingga Ramadan berakhir dan menyambut Idul Fitri. Namun sebelum benar-benar berakhir, ada satu hal yang perlu kamu lakukan jika ingin mendapat berkah dan pahala Ramadan yang maksimal, yaitu i'tikaf.

I'tikaf adalah salah satu ibadah yang dianjurkan di setiap waktu di bulan Ramadan. Umumnya, i'tikaf dilakukan di masjid, tujuannya adalah agar ibadah lebih khusyuk, lebih mendekatkan diri ke Allah swt, meski pengertiannya sendiri adalah berdiam diri menetap dalam sesuatu.

I'tikaf bisa dilakukan kapan pun sepanjang tahun, tapi yang paling utama yaitu pada bulan Ramadan. Banyak orang mulai beritikaf di sepertiga akhir bulan Ramadan.

Hadits Abu Hurairah ra. mengatakan bahwa Rasulullah saw. beritikaf pada setiap Ramadan selama sepuluh hari dan manakala tibanya tahun di mana beliau diwafatkan, beliau (pun) beritikaf selama dua puluh hari.

Ada banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan selama berada di masjid, seperti misalnya membaca Al-Qur'an, berdzikir, berdoa, sholat sunnah dan membaca buku-buku agama. Nah ladies, kamu sudah siap i'tikaf di masjid juga?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading