Sukses

Lifestyle

Cari Berkah Ramadan, Perbanyak Baca Al-Quran Saat Nuzulul Quran

Di bulan Ramadan, Rasulullah Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya. Dan di bulan Ramadan pula, keseluruhan Al-Quran diturunkan dari Lauhul Mahfud ke Baitul 'Izzah di langit dunia. Malam turunnya Al-Quran bisa disebut juga sebagai malam Nuzulul Quran. Malam yang dinilai sangat bersejarah bagi umat  muslim dan malam yang dimuliakan.

Allah berfirman,

“Bulan Ramadan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs. Al Baqarah: 185)

Hari ini, Minggu 12 Juni 2017 adalah hari ke 16 Ramadan atau malam 17 Ramadan. Sebagian besar umat muslim memperingati malam ini sebagai malam Nuzulul Quran. Malam turunnya Al-Quran.

Sebenarnya, ada beberapa perbedaan pendapat mengenai malam turunnya Al-Quran ini, ada sebagian ulama yang menyebutnya sebagai malam Nuzulul Quran. Tapi, sebagian besar ulama mengungkapkan bahwa turunnya Al-Quran adalah saat malam Lailatul Qadr di satu antara 10 hari terakhir Ramadan.

Perbanyaklah membaca dan memaknai isi Al-Quran | Copyright pinterest.com

Terlepas dari segala perbedaan yang ada, sebagai besar ulama menetapkan bahwa malam 17 Ramadan sebagai malam Nuzulul Quran. Untuk itulah, sangat penting bagi umat muslim untuk memperingati juga merayakannya dengan melakukan berbagai kebaikan, memperbanyak tilawah dan membaca Al-Quran.

Dan Al Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan kami menurunkannya bagian demi bagian.” (QS. Al Isra : 106)

Tak hanya memperbanyak membaca Al Quran, memperingati Nuzulul Quran ini juga penting dilakukan dengan memaknai serta menghayati tafsir dan isi Al-Quran. Agar ramadan semakin berkah, berbagai kebaikan harus ditegakkan. Bukan hanya di bulan ini, menegakkan kebaikan wajib senantiasa dilakukan di bulan-bulan biasa setiap hari.

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) al-Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Rabbnya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya.Dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun pemberi petunjuk baginya.” (Qs. Az Zumar: 23)

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga keberkahan dan kemuliaan senantiasa menyertai kita semua.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading