Sukses

Lifestyle

Meninggal di Bulan Ramadan, Benarkah Syarat Akan Keutamaan?

Kemarin, dunia hiburan tanah air kembali berduka atas kepulangan Julia Perez ke Rahmatullah. Setelah berjuang keras melawan kanker serviks yang dideritanya selama ini, kini Jupe telah kembali ke haribaannya. Semoga, Jupe di tempatkan di sisi terbaikNya dan kepulangannya menjadi akhir terbaik untuk segala perjalanan hidupnya.

Baca: Berjuang Keras Lawan Kanker Serviks, Jupe Akhirnya Berpulang

Para ahli ulama mengungkapkan bahwa meninggal dunia di bulan Ramadan merupakan keutamaan yang mulia. Apalagi, jika sosok yang meninggal senantiasa memasrahkan segalanya pada Allah SWT dan sedang melakukan kebaikan.

Dikutip dari laman merdeka.com, Ustadz Rahman Saleh dari pondok pesantren As Syafiiyah Bekasi mengatakan, “Iya (orang meninggal) ada keutamaannya di hari Jumat dan bulan Ramadan. Keutamaan-keutamaannya diharapkan orang yang meninggal tersebut meninggal secara khusnul khotimah dan ditempatkan di sisi terbaikNya.”

“Tanda-tanda orang yang meninggal dalam keadaan khusnul khotimah adalah meninggal dalam keadaan baik, sedang beribadah kepada Allah, sedang berpuasa dan seorang yang meninggal dunia di akhir hayatnya mengucapkan laa Ilaaha Illallaah,” tambah ustadz Rahman.

Copyright by google.com

Apa yang diungkapkan oleh ustadz Rahman ini juga diperkuat dengan hadis riwayat Ahmad berikut. “Siapa mengucapkan Laa Ilaaha Illallaah berharap wajah Allah (keridhaan-Nya) dan ditutup hayatnya dengan kalimat ini pasti ia masuk surga. Siapa puasa satu hari mengharap wajah Allah, meninggal dalam kondisi puasa, pasti ia masuk surga. Siapa bersedekah mencari wajah Allah dan meninggal di atasnya, pasti ia masuk surga.” (HR. Ahmad. Dihassankan Al-Haitsami di Majma’ al-Zawaid, dan dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani di Ahkam al-Janaiz).

Menyoal hidup, mati, rezeki dan jodoh, tiada yang pernah tahu akan misterinya. Tapi kita, sebagai manusia yang yakin dengan ketetapanNya, sangat disarankan untuk senantiasa selalu berada di jalanNya, mengutamakan kebaikan, dan mengharap yang terbaik untuk akhir hidup kita dan mendapatkan tempat terbaik di sisiNya.

Allah berfirman, “Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan". (QS An Nahl : 97).

Di bulan Ramadan yang penuh dengan kemuliaan ini, sudah semestinya bagi kita semua untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan dan mengharap berkah serta limpahan rahmat Allah SWT. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading