Sukses

Lifestyle

Khalifah Abu Bakar Ash Shidhiq, Pembenar Kabar Rasulullah SAW

Abu Bakar Ash Shidhiq, beliau merupakan sahabat Rasulullah Muhammad SAW yang tergolong sebagai orang-orang paling mulia. Wajahnya begitu tampan, bercahaya serta meneduhkan. Perangainya begitu mulia, berbudi luhur dan jujur. Karena kemuliaan yang ada pada dirinya, Allah SWT berfirman bahwa ia adalah salah satu orang yang masuk surga pertama.

Dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 100 Allah berfirman, "Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar," (QS. At Taubah: 100).

Abu Bakar adalah Khalifah pertama selepas meninggalnya Rasulullah SAW. Di zaman kekhalifahannya, ada banyak prestasi serta pencapaian gemilang yang ia raih. Abu Bakar dikenal sebagai sosok yang berani, senantiasa berbuat kebaikan, tegas, kuat pendiriannya, lemah lembut, cerdas juga sabar. Ia adalah seorang yang sangat bertawakal hanya kepada Allah semata.

Menyoal Abu Bakar Ash Shidhiq
Nama asli beliau adalah Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amr bin Ka'ab bin Sa'ad bin Ta-im bin Murrah bin Ka'ab bin Luai bin Ghalib bin Fihr al-Qurasyi at-Thami. Meski memiliki nama asli Abdulullah, nama Abu Bakar telah melekat dalam dirinya. Ibunya sendiri adalah Ummu al Khair, Salma binti Shakhr yang juga berasal dari keturunan bani Ta-im.

Sejak belia, Abu Bakar dikenal sebagai sosok yang tampan rupa maupun perilakunya. Ia adalah pria yang sabar, penuh kelembutan dan kebaikan namun juga tegas serta memiliki pendirian kuat untuk senantiasa berada di jalan Allah SWT.

Abu Bakar sosok yang mulia | Copyright by pinterest.com

Aisyah Ra, istri Rasulullah SAW sekaligus putri Abu Bakar mengisahkan ciri fisik ayahnya. Aisyah Ra berkata, "Ia seorang yang berkulit putih, kurus, tipis kedua pelipisnya, kecil pinggangnya, wajahnya selalu berkeringat, hitam matanya, dahinya lebar, tidak bisa bersaja’, dan selalu mewarnai jenggotnya dengan memakai inai atau katam," (HR. Thabaqat Ibnu Sa'ad, 1:188).

Sahabat Nabi Paling Dalam Ilmunya dan Terpercaya
Abu Bakar Ash Shidhiq adalah seorang sahabat nabi yang paling dalam ilmunya, cerdas, perasa dan terpercaya. Ia bahkan mendapat julukan sebagai Ash Shidhiq atau yang paling terpercaya dan membenarkan segala kabar Rasulullah. Beliau juga mendapat julukan sebagai 'Atiq karena beliau tampan, terdepan dalam kebaikan dan berwajah cerah karena saking mulianya budi luhurnya.

Selama Rasulullah berhijrah, Abu Bakar adalah sosok yang senantiasa mendukungnya, ia pula seseorang yang selalu memastikan bahwa Rasulullah akan baik-baik saja. Abu Bakar juga termasuk ke dalam golongan pertama yang memeluk islam dan nyaris tak pernah melakukan perbuatan tercela selama hidupnya. Yang lebih mengagumkan dan menyentuh hati, semasa hidupnya Abu Bakar telah dijamin menjadi sosok pertama yang akan menghuni surga.

Abu Bakar adalah sahabat tercinta Rasulullah yang dijamin masuk surga | Copyright by pinterest.com

Abu Bakar juga merupakan seorang yang sangat tegar ketika hari wafatnya Rasulullah. Ia merupakan seorang yang sangat bijaksana, jasa-jasanya sangat besar untuk kemajuan Islam di zamannya dan beliau lah orang terdepan yang memerangi orang-orang murtad. Banyak ulama yang mengungkapkan bahwa Abu Bakar adalah kekasih Allah juga Rasulullah yang begitu mulia. Ia adalah pria terbaik di dunia setelah Rasulullah SAW.

Tak hanya itu saja, Abu Bakar juga merupakan seorang yang sangat dermawan dan gemar bersedekah. Ada banyak keutamaan serta kebaikan yang dilakukan Abu Bakar selama hidupnya. Bukan hanya kebaikan kepada keluarga, sahabat dan kerabatnya tetapi juga kepada semua umat muslim.

Khalifah Abu Bakar Ash Shidhiq sendiri meninggal dunia bulan Jumadil Awwal tahun 13 Hijiriah. Semoga Allah senantiasa membersamai orang-orang yang mengharap ridhaNya. Semoga kisah ini bermanfaat dan menginspirasi kita semua untuk senantiasa berbuat kebaikan.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading