Sukses

Lifestyle

Menyoal Hassan & Hussein, Cucu-Cucu Kesayangan Rasulullah SAW

Pernikahan putri bungsu kesayangan Rasulullah yakni Fatimah Az Zahra dengan Ali bin Abi Thalib telah melahirkan dua buah hati yang sangat mulia dan patut diteladani perangai baiknya oleh muslim. Buah hati tersebut adalah Sayyidina Hassan dan Hussein. Keduanya manusia mulia ini merupakan orang-orang yang sangat dicintai oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Hassan dan Hussein merupakan cucu-cucu Rasulullah. Sama seperti menyayangi anak-anak kandungnya, rasa sayang baginda rasul kepada kedua cucunya ini sama besarnya. Bahkan, rasa sayang dan cinta itu mungkin saja lebih besar. Atas kelahiran Hassan dan Hussein, Rasulullah SAW sangat gembira. Ia tak henti-hentinya mengucap syukur ke hadirat Allah SWT atas karunia yang begitu besar dan mengagumkan tersebut.

Meski kelahiran kedua cucunya membuat hati baginda Rasul bahagia, ada pula rasa sedih di hatinya. Rasul merasa sedih karena ia mengetahui jika hidup cucu tersayangnya yakni Hussein akan berakhir di medan perang setelah terbunuh oleh musuh. Berikut adalah kisah mengenai sosok Hassan dan Hussein.

Sayyidina Hassan, Cucu Rasul yang Tampan & Dermawan
Sejak kecil Hassan dikatakan sangat mirip dengan Rasulullah SAW. Wajahnya yang tampan, senyumnya yang ramah dan menawan ditambahkan pembawaannya yang tenang menjadikan ia sangat mirip dengan baginda Rasul.

Suatu ketika Rasulullah bersabda di hadapan Hassan, "Engkau menyerupai aku baik tentang bentuk rupamu maupun tentang akhlakmu." Tak hanya Rasulullah yang mengatakan bahwa Hassan sangat mirip dengannya, sang ayah yakni Ali bin Abi Thalib juga mengatakan bahwa putranya tersebut sangat mirip dengan baginda Rasul. Ali berkata, "Hassan menyerupai Rasulullah dari dada sampai kepala. Tetapi Hussein menyerupai Rasulullah di bagian-bagian lainnya, dari dada sampai ke bawah."

Copyright by flikr.com

Menurut ahli sejarah, tarikh lahirnya sayyidina Hassan adalah 15 Muharram 3 Hijriah. Baginda Rasul sangat sayang terhadap Hassan. Sejak usianya masih belia, Hassan dikenal sangat cerdas, penghafal hadis dan al quran dengan wajah tampan menawan dan pandangan menenangkan.

Hassan juga dikenal sebagai seorang yang dermawan, lemah lembut, guru bagi semua umat islam di zamannya, sopan serta santun kepada semua sahabat Rasul yang lebih tua dan sayang kepada semua yang lebih muda. Semasa hidupnya, Hassan dijuluki sebagai "Karimu ahlil bait" atau keluarga Rasulullah yang paling dermawan.

Jangan Lewatkan: Tentang Fatimah Az Zahra, Putri Rasulullah SAW Cantik Lagi Mulia

Sayyidina Hussein, Cucu Rasul Yang Gagah Pemberani
Hussein adalah putra kedua Fatimah dengan Ali. Ia merupakan adik dari sayyidina Hassan. Ia lahir 1 tahun 10 bulan setelah kelahiran Hassan tepatnya pada 5 Sya'ban 5 Hijriah. Sama seperti Hassan, Hussein juga sangat disayang oleh Rasulullah SAW.

Tak berbeda dengan sang kakak, Hussein juga merupakan sosok yang berakhlak mulia sejak usianya masih belia. Ia adalah sosok yang cerdas, tampan lagi gagah pemberani. Jika Hassan sangat mirip dengan Rasulullah mulai dada ke atas, Hussein sangat mirip dengan Rasulullah pada bagian dada ke bawah.

Sama seperti sang kakak, putra Fatimah Az Zahra ini juga dikenal sebagai sosok yang cerdik, cerdas lagi sangat bertaqwa kepada Allah SWT. Ia juga merupakan keturunan Rasulullah yang sayang terhadap semua keluarganya dan bertanggung jawab penuh atas keselamatan umat islam di zamannya.

Sejak kecil, Hussein telah tumbuh menjadi seorang yang sangat pemberani. Ia juga merupakan seorang yang ramah, sopan santun serta dianggap sangat agung oleh umat muslim. Saat ia dewasa, ia sering ikut maju ke medan perang untuk menegakkan kebenaran. Namun sayang, Hussein harus meninggal secara tragis setelah dibunuh oleh musuh.

Itulah sepenggal kisah cucu-cucu tersayang Rasulullah SAW. Semoga, kisah ini bisa menjadi inspirasi kebaikan untuk kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading