Sukses

Lifestyle

Kakek Sariban, Pejuang Kebersihan dari Kota Bandung yang Mendunia

Siapa yang tahu akan Kota Kembang, Bandung? Hampir semua orang mengetahui keindahan juga kenyamanan dari kota tersebut. Dari kota itu pula, sosok-sosok yang mendunia dan terkenal lahir. Sebut saja sang Wali Kota atau Bapak Ridwan Kamil, pemuka agama Aa' Gym dan masih banyak lagi.

Selain orang-orang besar tersebut, kali ini ada lagi sosok yang begitu menginspirasi dan mendunia berasal dari Bandung. Ia adalah kakek Sariban. Siapa ia, apa istimewanya?

Kakek Sariban | Photo: Copyright youtube.com/Al Jazeera English

Pada Sabtu (27/05/2017) akun twitter @AJEnglih atau Aljazeera English, telah memposting kisah hidup kakek Sariban pada sebuah video yang berdurasi kurang lebih 3 menit. Dalam postingan tersebut bertuliskan keterangan, "I am crazy. Hygiene crazy. Meet Indonesia's trash vigilante. #AJShorts"

Sejak diposting pada hari Sabtu, cuitan tersebut telah berhasil membuat netizen bangga sekaligus terinspirasi oleh sosoknya. Sedikitnya ada 5.916 netizen yang me-retweet postingan tersebut. Postingan itu juga mendapat like hingga 4.322 dan mendapat puluhan komentar.

Kakek Sariban adalah pejuang kebersihan yang mendunia | Photo: Copyright youtube.com/Al Jazeera English

Kakek Sariban, ia adalah sosok pejuang kebersihan di Kota Kembang, Bandung. Setiap hari, ia akan menyempatkan waktunya untuk berkeliling kota Bandung dengan sepeda tuanya dan menyapu serta membersihkan sampah. Ia akan berkunjung ke taman kota, jalan-jalan dan tempat umum lain dalam menjalankan aksinya. Berikut video mengenai kakek Sariban.

 

Video: Copyright youtube.com/Al Jazeera English

Tak hanya menyapu dan membersihkan sampah, kakek berusia 74 tahun tersebut juga mengajak masyarakat untuk sadar akan kebersihan. Kakek Sariban tak segan berteriak-teriak ke semua orang di sekitarnya agar tak membuang sampah sembarang. Dalam menjalankan aksinya, ia akan berpakaian kuning, membawa dua tong sampah untuk sampah organik dan an-organik.

Usia yang telah senja tak menyurutkan niatnya untuk selalu berbuat kebaikan | Photo: Copyright youtube.com/Al Jazeera English

Aksinya ini sendiri telah dilakukan kakek Seriban sejak puluhan tahun yang lalu. Ia melakukannya tanpa mengharap imbalan atau apapun. Kakek yang murah senyum ini melakukan aksinya tulus dari hati. Ia hanya ingin kotanya selalu bersih, masyarakat sadar akan kebersihan dan mencegah banjir.

Dengan sepeda tuanya, kakek Sariban akan keliling Bandung dan membersihkan sampah | Photo: Copyright youtube.com/Al Jazeera English

Nama kakek Sariban saat ini tak hanya terkenal di Bandung atau Indonesia saja. Lebih jauh, ia juga dikenal dunia sebagai seorang berhati mulia dengan ketulusannya. Ia juga dikenal sebagai pejuang kebersihan yang patut untuk diteladani dan menjadi inspirasi.

 

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading