Sukses

Lifestyle

One Day One Juz, Solusi Mudah Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan

Selamat menjalankan ibadah puasa di hari ke tiga buat yang menjalankannya. Bagaimana, masih semangat dan tak pantang putus asa untuk terus berbuat kebaikan, mengamalkan segala amalan berpahala besar dengan hati tulus juga ikhlas?

Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, umat muslim tak hanya diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa saja. Lebih jauh, umat muslim juga diminta untuk berlomba-lomba melakukan berbagai amal kebaikan seperti membaca dan menafsirkan Al-Quran, bersedekah, memperbanyak ibadah sunah khususnya shalat malam dan masih banyak lagi.

Bicara mengenai membaca Al-Quran, sudah berapa banyak ayat yang kamu lantunkan di bulan penuh ampunan ini? Adakah niat untuk mengkhatamkannya selama sebulan ke depan? Adakah niat untuk mengkaji tafsirnya lebih dalam dan sungguh-sungguh?

Membaca ayat suci Al-Quran di bulan Ramadan merupakan amalan yang sangat terpuji dan begitu dianjurkan. Jika tak bisa satu halaman atau satu juz sehari, membaca satu ayat pun sudah bernilai mulia selama hal itu dilakukan dengan ikhlas serta sungguh-sungguh.

Niat yang sungguh-sungguh akan bantu kita khatam Al-Quran di bulan Ramadan | Photo: Copyright pinterest.com

Allah berfirman, "Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. " (An-Nahl: 89). Sedangkan Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa ‘at bagi pembacanya. " (HR. Muslim dari Abu Umamah).

Membaca Al-Quran di bulan Ramadan sangatlah utama. Allah berfirman, "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Untuk bisa mengkhatamkan bacaan Al-Quran di bulan Ramadan sebenarnya bukan hal yang sulit apalagi mustahil untuk dilakukan. Satu hari membaca satu juz, ini akan membantu kita mengkhatamkannya di akhir Ramadan. Jika tak bisa membacanya sebanyak satu juz sekaligus, kita disarankan membacanya sedikit demi sedikit setiap selesai shalat wajib hingga terkumpul satu hari satu juz.

Waktu ternyaman untuk membaca Al-Quran di bulan Ramadan sendiri adalah selepas shalat tarawih dan selepas sahur hingga subuh atau setelahnya. Di waktu ini, kita bisa membaca Al-Quran dengan santai serta fokus. Kemungkinan besar, kita pun bisa merasa lebih leluasa untuk mengkaji tafsirnya.

Tak ada kata tak mungkin untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadan. Dengan catatan, kita memiliki niat yang kuat dan sungguh-sungguh. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading