Sukses

Lifestyle

Demi Bawa Air Bersih ke Desanya, Pria Ini Gali Gunung 36 Tahun

Air bersih merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Tanpa adanya air bersih, kesehatan dan kebersihan seseorang pasti tak akan terjamin dengan baik. Di sisi lain, tak adanya air bersih juga bisa membuat setiap orang merasa kesulitan dalam segala hal. Inilah yang juga dipikirkan oleh seorang pria paruh baya bernama Huang Dafa.

Dikutip dari laman oddyticentral.com, Huang telah membuat aliran air dengan menggali tiga gunung di desanya selama 36 tahun. Ini dilakukannya demi dapatkan air bersih untuk penduduk desa di mana ia tinggal. Krisis air di desanya telah membuatnya juga penduduk merasa khawatir. Krisis tersebut juga telah membuat kehidupan masyarakat desa jadi begitu memprihatinkan.

Gunung yang digali oleh Huang bersama warga | Photo: Copyright oddyticentral.com

Tak ingin kondisi ini terus berlanjut, Huang akhirnya mencari jalan ke luar bagaimana ia bisa menyelesaikan hal ini. Suatu hari tepatnya 36 tahun yang lalu, Huang pun memutuskan untuk membuat saluran air dari pegunungan dekat desa. Ia berjuang keras membuat kanal air dengan membelah serta menggali tiga gunung.

Huang menghabiskan waktunya selama 36 tahun untuk membuat kanal air | Photo: Copyright oddyticentral.com

Huang Dafa adalah seorang kepala desa. Untuk itulah, ia sangat bersikeras memberikan yang terbaik buat warganya dengan melakukan proyek ini. Awalnya, banyak orang yang ragu dengan proyek Huang. Tidak sedikit orang pula yang menganggap bahwa proyeknya tak akan pernah berhasil. Namun, berkat tekadnya yang kuat dan bantuan sang Maha Pemilik Alam Semesta, Huang berhasil membuat saluran air bersih dan memenuhi semua kebutuhan air untuk warganya.

Bagi masyarakat desa, kini Huang dianggap sebagai pahlawan. Ia juga sangat disegani dan dihormati. Xu Zhou, wakil kepala desa mengatakan, "Jika dia tidak melakukannya, tidak ada orang lain yang berani melakukannya. Dulu, ada peraturan bahwa mengambil air dari sumur desa hanya seperlunya saja. Kekeringan membuat kami semua kekurangan air bersih. Tapi kini, saluran air buatan Huang telah menyelamatkan hidup kami semua."

Saat ini, Huang Dafa juga masih aktif merawat kanal air yang ia buat | Photo: Copyright oddyticentral.com

Kanal atau aliran air yang dibuat oleh Huang Dafa tersebut kini diberi nama kanal Dafa. Meski perjuangan Huang untuk membuat kanal ini tak ringan, ia tak pernah mengeluh. Ia bahkan dengan senang hati membimbing warga lain untuk membuat, memperbaiki dan merawat kanal yang telah ada.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading