KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Usaha Permak Jeans di Jakarta, Yakin Rezeki Nggak Bakal Tertukar

Selasa, 21 Februari 2017 10:30 Penulis: Reporter: Anisha Saktian Putri
Foto: copyright Vemale/Anisha Saktian Putri

Vemale.com - Ladies, pernah nggak kamu membeli jeans yang kece banget tapi ukurannya nggak pas? Kalau sudah begini, jasa penjahit permak jeans lah yang paling kamu butuhkan demi memiliki celana jeans yang nyaman dipakai dan pas di tubuh. Buat kamu yang sedang butuh jasa permak jeans, kamu bisa mencarinya di sepanjang jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Siapa tahu kamu akan bertemu Dede, penjahit asal Garut yang sudah berprofesi sebagai penjahit permak jeans selama dua tahun. "Tadinya saya bekerja di konveksi selama dua tahun, jahit baju, jaket, sama celana di Garut," ujar Dede.

Pria 21 tahun ini mengaku lebih memilih membuka usaha jasa permak jeans untuk mencari nafkah daripada bekerja di sebuah konvensi. "Kalau permak jeans waktunya bebas tidak seperti kerja di pabrik yang diburu-buru waktu. Penghasilannya lebih besar, dibandingkan kerja di pabrik dengan sistem borongan, jadi harus cepet-cepet kalau mau dapat uang," tuturnya.

Foto: copyright Vemale/Anisha Saktian Putri

Kelihaian menjahit ia dapatkan dari kurus yang dijalaninya. Ia pun mulai membuka lapaknya dari jam 08.00-17.00. Dalam sehari ia bisa menjahit 10 hingga 20 jahitan dengan penghasilan kurang lebih 100 ribu rupiah.

Dengan penghasilan tersebut, Dede mengaku kadang hanya cukup untuk makan. Malah tak jarang juga sampai tekor karena harus membayar mesin jahit yang ia sewa. "Kadang tekor karena kan mesin jahitnya nyewa sehari Rp. 20.000," tambahnya.

Walaupun belum berkeluarga, penghasilan yang ia hasilkan cukup untuk mengontrak di Jakarta dan mengirim uang ke orang tua setiap dua minggu sekali. "Yah, memang banyak tidak saya saja yang menjahit di daerah sini tapi saya yakin rezeki nggak bakal tertukar. Yang terpenting bisa ngirim uang ke orangtua di kampung," tutupnya.

Kita doakan semoga usaha yang dijalankan Dede ini terus ramai dan lancar, ya Ladies.



(vem/asp/nda)
KOMENTAR PEMBACA