Sukses

Lifestyle

Serba Serbi Manfaat Tepung Kanji Sehari-Hari

Tepung kanji atau tapioka biasa dibuat dari umbi akar ketela pohon yang fungsinya membuat kuah lebih kental atau merekatkan makanan.

Tetapi selain dijadikan bahan memasak ternyata kanji punya banyak fungsi dan manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari. Seperti berikut misalnya:

Membersihkan kaca

Kanji ampuh untuk dijadikan bahan pembersih kaca karena dapat mengangkat debu dengan baik. Campurkan dengan sari jeruk nipis, serta 1 sdt cuka apel dan air secukupnya. Semprotkan pada kaca kemudian lap dengan lap kering. Kaca akan kembali bening berkilau.

Membersihkan sisa oli

Ada sisa oli yang melekat pada lantai? Taburkan bubuk tepung kanji kemudian lap dengan lap basah. Ulangi sampai benar-benar terangkat bersih.

Mencuci bahan perak

Bahan perak bisa dibersihkan dan kembali berkilau apabila dicuci dengan kanji dan air lho. Kanji ditaburkan dan sedikit dibasahi, kemudian digosokkan pada bahan perak tersebut. Dibilas dengan air, dikeringkan dan cling kembali seperti baru.

Mengangkat sisa tinta di kain

Bila ada noda tinta pada kain, maka aplikasikan pasta kanji kental di sana, kemudian biarkan kering. Dan kembali dicuci. Noda akan sedikit terangkat, dan lakukan beberapa kali sampai nodanya pudar.

Meredakan luka bakar dan gatal-gatal

Sehabis main di pantai biasanya kulit akan terbakar dan agak nyeri. Aplikasikan tepung kanji yang dicampur dengan air sebagai masker dan biarkan mengering hingga keesokan paginya. Cara ini juga ampuh mengatasi gatal-gatal akibat biang keringat.

Mengangkat sisa hairspray di rambut

Sehabis disasak dan hairdo, biasanya sisa hairspray sulit dihilangkan. Taburkan kanji pada rambut dan diamkan sejenak. Kemudian berkeramaslah seperti biasa dengan air dingin. Jangan gunakan air panas karena kanji bisa semakin menempel dan membuat rambut lengket.

Menyerap bau tak sedap

Masukkan tepung kanji pada secarik kain, kemudian sisipkan di dalam sepatu kets saat disimpan di lemari. Cara ini ampuh untuk membantu menyerap aroma tak sedap pada sepatu.

Membersihkan bekas darah haid

Bangun tidur Anda menyadari ada darah haid yang masih basah tertinggal di sprei kamar? Ambil tepung kanji dan taburkan di atasnya. Kemudian lap dengan lap basah ulangi sampai noda darah menipis sehingga lebih mudah saat mencuci.

Sepele tetapi jagoan juga ya si tepung kanji ini. Selain itu harganya juga murah kok, jadi Anda bisa membeli dan menyimpan di lemari untuk berjaga-jaga bila hal-hal di atas terjadi.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading