Sukses

Lifestyle

Ladies, Ini Dia Resep Cronut Spesial Untuk Anda

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Ladies, Anda pasti sudah sangat familiar dengan donat. Kudapan lezat yang berbentuk bulat dengan lubang di tengah ini memang sangat populer di dunia. Donat biasanya dihiasi dengan toping gula atau cokelat untuk menambah cita rasa. Di Amerika baru-baru ini muncul satu macam makanan yang mirip dengan donat. Kudapan ini menjadi tren dan populer ketika para selebritis cantik tertangkap kamera sedang memakan kue ini. Supermodel Heidi Klum dan Emma Roberts adalah salah satu selebritis yang mengaku sebagai penggemar kue ini.

Kue lezat yang mirip dengan donat ini bernama Cronut. Bentuknya bulat seperti donat tapi mempunyai lapisan luar yang garing khas croissant. Nama cronut memang berarti croissant donut. Kue ini memang hasil persilangan adonan croissant yang dibentuk menyerupai donut. Croissant sendiri juga sudah populer di dunia sebagai salah satu kudapan dari Perancis.

Cronut diciptakan oleh chef Dominique Ansel untuk Dominique Ansel Bakery di kota New York. Sang chef rupanya menjadi salah satu chef terbaik dalam kompetisi James Beard Award pada tahun 2013. Pada kemunculannya, cronut dibuat dengan adonan croissant yang digoreng lalu diisi dengan toping vanila. Ternyata kue ini disambut baik oleh masyarakat New York, bahkan mereka rela antri berjam-jam hanya untuk mendapatkan kue ini dengan harga yang lumayan mahal yaitu sekitar $ 5 atau Rp. 50 ribu untuk satu cronut. Nah, Vemale akan mengajak Anda untuk mencoba membuat cronut ini dirumah. Ternyata membuat cronut tidak sesulit yang Anda bayangkan lho.

(c) wimbly.com

Bahan-bahan utama:

Kulit Pastry (Ini yang penting. Kulit pastry bisa didapatkan dengan mudah di swalayan ya)

Putih telur secukupnya untuk mengolesi adonan

Minyak Goreng untuk menggoreng secukupnya

Bahan Filling Vanilla:

2 butir kuning telur

15gr tepung maizena

300 ml susu segar

50gr gula pasir

1 sdt vanilla

Bahan Taburan

Gula halus dan cinnamon powder

Cara Membuat:

Pertama kita akan membuat Filling Vanilla :

  • Caranya campur tepung maizena dengan sebagian susu segar, aduk dan kemudian tambahkan kuning telur. Aduk semuanya hingga tercampur rata.
  • Didihkan susu dan gula, masukkan campuran tepung maizena lalu aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.
  • Masukkan vanilla, aduk rata. Angkat dan sisihkan.

Membuat Cronut :

  • Siapkan kulit pastry lalu bentuk dengan menggunakan cetakan donat. 
  • Kemudian ambil satu buah pastry yang sudah dicetak, lalu rekatkan dengan pastry donat yang lain dengan menggunakan olesan putih telur. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan putih telur ini ya lades. 
  • Goreng cronut sampai terendam seluruh permukaannya dalam minyak panas dengan api sedang, goreng hingga mengembang sempurna dan berwarna emas kecoklatan. Setelah matang, tiriskan dengan sempurna. (Tips : jangan terlalu sering dibolak balik, karena akan membuat cronut menjadi berminyak).

Menghias Cronut Dengan Topping :

  • Ambil 1 buah croissant lalu belah menjadi dua bagian yang sama besar, beri filling vanilla ke sekitar bagian dalam donat lalu tangkupkan kembali.
  • Beri taburan gula bubuk dan kayumanis bubuk diatasnya. Anda juga bisa memberikan topping buah strawberry sebagai pelengkapnya. 

Cronut bisa dinikmati selagi hangat, namun bisa juga dinikmati dengan cara dingin. Caranya adalah, setelah matang, cronut bisa disimpan dulu dalam lemari es sebelum dinikmati. Selamat mencoba ladies.

 

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading