Sukses

Lifestyle

Butter Almond Cake

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Siapa yang berulang tahun bulan ini? Siapkan cake buatan Anda. Membuat cake bisa dengan cara praktis, dengan teknik one-bowl-method*. Inilah resep Butter Almond Cake, yang bisa segera Anda coba.

*One-bowl-method: semua bahan dicampur menjadi satu wadah kemudian diaduk hingga menyatu.

Bahan:

            250 gr unsalted butter

            200 gr gula

            4 butir telur

            250 gr tepung terigu

            100 gr bubuk almond

            60 ml susu

            50 gr kacang almond pipih

            1 sdt baking soda

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 170º C dan olesi loyang dengan butter. Lalu sangrai kacang almond selama beberapa menit, jangan terlalu lama karena nanti akan dipanggang bersama kue di dalam oven.
  2. Campur semua bahan dalam mangkuk, aduk adonan terlebih dahulu dengan menggunakan spatula lalu kocok dengan mixer berkecepatan rendah. Setelah tercampur rata naikkan kecepatan mixer menjadi sedang, campur adonan hingga menjadi halus dan berubah warna.
  3. Pindahkan adonan ke dalam cetakan, taburi kacang almond dan panggang dalam oven selama 70-80 menit. Setelah matang, diamkan kue dalam cetakan pada suhu ruangan selama beberapa menit. Dinginkan lebih kurang 15 menit sebelum memotongnya, agar kue tidak pecah.

TIP:

  • Takaran resep ini berlaku untuk cetakan kue berdiameter sedang, jadi bila cetakan kue Anda besar, lipat gandakan bahannya.
  • Sebelum menuang adonan ke dalam cetakan, pastikan cetakan telah diolesi mentega atau butter. Sehingga kue mudah diangkat dari cetakan setelah matang.
  • Anda dapat mengganti gula dengan madu. Caranya bagi proporsi susu dan gula. Misalnya, bila Anda ingin menambahkan madu sebanyak 10 ml, maka Anda dapat mengurangi takaran susu menjadi 50 ml dan gula menjadi 180 hingga 190 gr.
  • Anda dapat menggunakan brown sugar sebagai pengganti gula putih.
  • Sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan whipped cream.

 

 

Chef Chitra

Chrysansia Chitra yang biasa disapa Chef Chitra, mewujudkan kecintaannya pada dunia kuliner dengan mendirikan Chef’s Kitchen. Toko kue dan bakery berkonsep dapur terbuka itu, mengadakan kelas memasak setiap hari Minggu. Terkenal dengan roti sehat yang dibuat dengan gandum utuh, tanpa telur, susu, dan mentega, Chef’s Kitchen juga menyajikan berbagai macam cake dan kue-kue kering.

 

Chef’s Kitchen

Jl. Kemang Raya No.19 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7198866

 

 [initial]

Source: GoodHouseKeeping, Edisi November 2012, Halaman 121

(GH/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading