Sukses

Lifestyle

Es Sarang Burung

Saat puasa, banyak minuman yang dijajankan menggoda selera. Namun, ada kalanya, minuman tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Menggunakan pemanis buatan, misalnya. Agar tak tertipu dengan tampilan jajanan minuman yang menggiurkan, ada baiknya membuat minuman sendiri dan disajikan saat berbuka untuk keluarga. Berikut ini kami berikan resep es sarang burung, sajian tepat untuk berbuka.

Bahan Utama es sarang burung:

500 ml sirup lychee;

500 ml air matang;

250 gram nata de coco;

75 gram biji selasih matang; dan

500 gram es batu.

Bahan untuk agar-agar:

2 bungkus agar-agar merah;

750 ml air;

¼ sendok teh vanili bubuk; dan

100 gram gula pasir.

Bahan Hiasan:

1 iris jeruk lemon;

1 pucuk daun mint.

Cara membuat agar-agar:

Siapkan panci yang sudah di panaskan, lalu masukkan agar-agar merah, 100 gram gula pasir, ¼ sendok teh vanilli bubuk, dan 750 ml air. Kemudian Masak dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak mengumpal dan gula larut. Apabila sudah mendidih, matikan api, aduk sebentar, kemudian pindahkan agar-agar pada wadah tahan panas, lalu biarkan agar-agar hingga mengeras.

Cara memarut agar-agar:

Jika agar-agar sudah mengeras, belah menjadi 3 bagian, dan belah kembali menjadi 2. Kemudian ambil 1 bagian agar-agar, lalu tempelkan agar-agar pada parutan, dan gerakan dari atas kebawah hingga membentuk korek api, lalu sisihkan pada wadah.

Saran penyajian:

Siapkan gelas saji, kemudian masukkan 2 sendok makan es batu ke dalam gelas saji, 2 sendok makan agar-agar yang sudah diparut, ½ sendok makan biji selasih yang sudah matang, dan 1 ½ sendok makan nata de coco. Tambahkan air matang hingga mencapai setengah bagian gelas saji, lalu 50 ml sirup lychee, terakhir hias dengan daun mint dan irisan jeruk lemon. Es sarang burung siap disajikan sebagai teman berbuka puasa.

 

Video Bahan Utama Es Sarang Burung:

 

Video Cara Membuat Agar-Agar:

Simak tips cara memarut agar-agar dan saran penyajiannya di Es Sarang Burung II.

Sumber: videoresep/youtube.com

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading