Sukses

Lifestyle

10 Mitos Tentang Buah-Buahan, Boleh Percaya Boleh Tidak

Apakah Anda pernah berpikir tentang dari mana asalnya buah-buahan yang ada di muka bumi ini? Mungkin pemikiran itu sepele dan tidak penting, tetapi beneran nih nggak penasaran?

Uniknya ternyata, ListVerse.com mengumpulkan fakta mitos sejarah buah-buahan. Boleh dipercaya dan boleh tidak, inilah mitos buah-buahan yang biasa Anda nikmati.

(vem/bee)

Mitos tentang kelapa

Mitos munculnya kelapa ini ceritanya dimulai dari Britania raya, di mana pada jaman dulu ada seorang anak yang kepalanya terpenggal karena dimakan hiu. Kepala tersebut kemudian dikuburkan dan tumbuh menjadi buah kelapa pertama.

Mitos lain datang dari Burma, di mana katanya sih kelapa berasal dari donor kepala yang telah dipenggal oleh seorang raja yang tidak bijaksana. Karena orang tersebut tidak bersalah, akhirnya ia tumbuh menjadi kelapa.

Mitos tentang buah apel

Menurut mitologi Yunani, buah apel diciptakan pertama kali oleh dewa Gaia sebagai hadiah pernikahan untuk Hera dan zeus. Apel pertama adalah emas, yang kemudian dijaga oleh dewi Hesperides dan naga berkepala seratus bernama Ladon.

Kisah apel emas ini cukup terkenal, hingga 12 buruh Hercules pernah berusaha mencuri apel tersebut.

Mitos tentang buah mulberry

Menurut legenda Pyramus dan Thisbe, dulu mulberry berwarna putih. Perubahan warnanya menjadi merah disebabkan oleh lumuran darah dari kisah cinta yang tragis.

Diceritakan bahwa ada sepasang kekasih yang tak mendapat restu orang tua. Mereka kemudian kabur dan melewati lapangan yang ditumbuhi pohon murbey. Thisbe sampai terlebih dahulu di lapangan tersebut, dan bertemu dengan seekor singa yang sedang minum darah di dekat kolam, karena ketakutan ia kabur dan menjatuhkan selendangnya.

Kemudian ketika Pyramus datang, ia menyangka bahwa kekasihnya telah terbunuh. Pyramus kemudian bunuh diri.

Thisbe kembali mencari kekasihnya yang kemudian ditemukan telah mati bunuh diri. Iapun mengikuti kekasihnya, dan sebelum mati ia bersumpah bahwa buah murbei akan menjadi saksi cinta mereka. Sejak saat itulah buah murbei atau mulberry menjadi berwarna kemerah unguan.

Mitos buah elderberry

Penduduk asli Amerika paham betul bahwa elderberry adalah semak yang memiliki buah berry-berryan yang kerap tumbuh di pemakaman. Mitos mengatakan bahwa dahulu menurut legenda, batu dan tanaman elderberry berdebat siapa yang melahirkan anak pertama. Jika yang melahirkan anak pertama adalah manusia, maka manusia akan memiliki umur panjang. Namun jika elderberry berbuah pertama, maka manusia akan memiliki hidup yang lebih singkat.

Pada akhirnya, elderberrylah yang memiliki anak (berbuah) pertama kali, sehingga manusia memiliki hidup yang singkat. Dan elderberry kerap tumbuh di dekat pemakaman manusia.

Mitos buah sukun

Menurut cerita Rakyat Hawaii, sebuah bencana kelaparan pernah menyerang pulau Waiakea dan mengambil hidup seorang pria bernama ulu. Ulu berpesan pada keluarganya agar memakamkannya di samping sebuah sungai.

Dan ketika dimakamkan di tempat di mana ia berpesan, sebuah pohon tumbuh dalam semalam. Keesokan paginya, keluarga menemukan buah yang kemudian disebut sukun dan membantu mengatasi bencana kelaparan di sana.

Mitos buah ara

Setelah putrinya diculik oleh Hades, Dewei Demeter berjalan mencari putrinya hingga sampai ke sebuah rumah di Yunani selatan. Ia menyambut Demeter dengan sangat baik dan menjamunya.

Dewi Demeter kemudian menghadiahinya sebuah pohon Ara yang kemudian berkembang dan subur di daerah Athena.

Mitos buah strawberry

Buah strawberry disebut sebagai buah suci, yang kabarnya mereka yang pernah makan buah ini tidak akan diterima di surga. Mitos lain mengatakan bahwa buah strawberry adalah bayi-bayi yang sudah meninggal namun belum diterima di surga, kemudian menjelma menjadi buah strawberry.

Sehingga mereka yang memakan buah strawberry kemungkinan besar telah memakan bayi yang belum masuk ke surga.

Mitos buah kopi

Legenda Ethiopia mencatat bahwa dahulu kala ada seorang anak bernama Kaldi yang pertama kali menemukan kopi. Kaldi adalah gembala kambing, dan suatu ketika ia menemukan kambingnya sedang makan buah aneh di pohon. Setelah makan buah tersebut, kambing tidak bisa tidur dan tetap bersemangat.

Kaldi kemudian mencoba mengambil buah tersebut dan menyerahkannya kepada biawaran di biara lokal sehingga mereka tetap terjaga selama berdoa malam. Akhirnya, buah kopi tersebar ke semenanjung Arab dan dipakai banyak orang untuk menahan kantuk.

Mitos buah mangga

Dahulu kala, seekor burung terbang ke surga dan membawa pulang biji mangga untuk dipersembahkan kepada rajanya. Kabarnya mangga tersebut bisa bikin awet muda.

Raja tak percaya, kemudian meminta seorang kakek tua memakannya. Dan tiba saat buah mangga tersebut dimakan, si kakek malah meninggal. Ternyata buah yang sudah dimakan si kakek telah diracuni oleh bisa ular. Raja marah dan kemudian membunuh burung tersebut.

Suatu ketika, ada seorang wanita tua yang ingin mati saja karena memiliki hidup sengsara. Ia dengar bahwa mangga raja adalah buah yang beracun, ia kemudian meminta mangga tersebut dan memakannya. Alhasil karena mangga tersebut belum terkena racun, si wanita tua tersebut kembali menjadi muda.

Raja yang telah menyesal karena telah membunuh burung kesayangannya menangis dan merasa bersalah. Ia menolak memakan buah mangga dan membiarkan hidupnya tidak abadi.

Mitos buah nanas

Diceritakan suatu ketika tinggallah seorang gadis pemalas bernama Pina. Saking malasnya ia selalu berkata bahwa ia tak bisa menemukan barang yang akan dipinjam oleh orang lain. Bahkan ketika ibu dan adik-adiknya sakit, ia berkata tak bisa menemukan panci untuk menanak nasi dan merawat mereka.

Karena kesal, ibunya kemudian berkata "seandainya saja kau punya seribu mata mungkin kau akan dapat menemukan barang yang harus kau pakai, Pina."

Mendadak Pina menghilang dan tak pernah ditemukan lagi.

Ketika sakit ibunya mulai sembuh, ibu Pina kemudian kembali bekerja di kebun. Dan ia menemukan buah aneh yang ketika dikupas memiliki banyak mata. Ia kemudian sadar bahwa keinginannya telah terkabul.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading