Sukses

Lifestyle

Kuliner Unik Nasi Berwarna Biru Bernama Nasi Kerabu

Kuliner di dunia ini memiliki banyak sekali ragam dan aneka keunikannya. Setiap negara memiliki hidangan kuliner yang lezat dan menggugah selera. Negara-negara di Asia Timur dan Tenggara menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Tidak heran bila berbagai kreasi masakan berbahan dasar nasi terdapat di Asia Timur dan Tenggara. Anda tentu sudah familiar dengan nasi minyak, nasi lemak, nasi goreng, nasi uduk bahkan nasi kabuli. Tapi bagaimana dengan nasi berwarna-warni?

Nasi kuning, hidangan khas Indonesia ini memiliki 'teman' dalam hal nasi berwarna. Ini dia nasi berwarna biru yang menjadi hidangan kuliner khas Malaysia: nasi kerabu. Unik sekali ya ladies, nasi ini memiliki warna biru cerah dan disantap dengan aneka lauk dan pelengkap seperti serundeng dan ikan goreng. Bagaimana caranya agar nasi putih bisa menjelma menjadi nasi berwarna biru seperti ini? Rupanya warna biru pada nasi kerabu dihasilkan dari kelopak bunga Clitoria ternatea atau biasa disebut kembang telang.

Nasi Kerabu | (c) http://www.cookingmomster.com/

Nasi kerabu memang sedikit sulit ketika pembuatannya tapi bila sudah terbiasa, memasak nasi ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Nasi kerabu sangat populer di pantai timur negara bagian Malaya seperti Kelantan dan Terengganu. Kini tidak hanya di Malaysia, penggemar nasi kerabu juga merambah Thailand dan negara-negara tetangga. Banyak wanita yang belajar membuat nasi ini dan menghidangkannya untuk keluarga tercinta mereka.

Lantas bagaimana rasa dari nasi kerabu ini? Nikmat banget ladies! paduan nasi yang pulen dan warna yang menggoda, nasi ini masih satu 'keluarga' dengan nasi ulam. Karena rasanya yang cenderung gurih, nasi ini cocok disantap dengan aneka lauk berasa manis dan pedas seperti ikan goreng dan sambal serta serundeng kelapa.

Anda tertarik ingin mencoba nasi kerabu? Bila bepergian ke Malaysia, Anda bisa mencarinya di beberapa restoran yang ada di sana, atau ingin memasaknya? Intip cara bikinnya yuk di sini ladies:

Source Youtube

Selamat mencoba nasi berwarna biru!

BACA JUGA

Resep Kreasi Unik: Puding Bentuk Semangka

Sandwhich Croissant Ayam Keju,Bekal Makan Siang

Sup Kentang Dengan Keju Cheddar

Ayam Kentang Masak Tomat

Nasi Goreng Udang Jagung Manis

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading