Sukses

Lifestyle

6 Penganan Nikmat Khas Bulan Ramadhan

Tak terasa bulan Ramadhan segera tiba. Kaum muslim telah menunggunya dengan suka cita. Ramadhan bulan penuh berkah, di mana satu bulan penuh menjalankan ibadah. Berbagai persiapan dilakukan, tidak hanya hati tapi juga menu makanan. Indonesia memiliki keragaman kuliner yang kaya, setiap daerah punya makanan khas untuk menyambut Ramadhan tiba. 

Bila Anda ingin mencicipi lezatnya penganan dari seluruh nusantara, maka Anda wajib mengetahui makanan apa saja yang menjadi khas dari masing-masing daerah. Mulai dari makanan berat sampai kudapan lezat, semua ada. Vemale sajikan 5 jenis makanan yang memang disajikan istimewa untuk membuka bulan suci dari berbagai daerah, pasti Anda akan menyukainya.

BACA JUGA

Memilih Minuman Sehat untuk Anak Anda

Mencoba Menu Baru Tidak Ada Salahnya

Kontrol Orang Tua Atas Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Anak-anak Makan

Hindarkan Buah Hati Anda Dari Kolesterol

Biasakan Anak-anak Mengkonsumsi Makanan Sehat Sejak Dini

Nutrisi Penting yang Sering Terlupakan pada Masa Kehamilan

(vem/sya)

Pakat (Tapanuli)

Pakat adalah penganan legit yang terbuat dari rotan. Ya benar, rotan namun rotan yang masih muda. Rotan muda ini dibakar hingga lunak kemudian dikupas dan dipotong-potong. Cara menikmatinya pun cukup ditambah santan. Pakat biasanya disajikan ketika berbuka puasa. Pakat bisa dibeli di daerah Tapanuli dengan harga 8-10ribu saja per batang. Anda penasaran dengan rasanya? nikmat kok ladies, unik pula karena terbuat dari batang rotan.

Bongko Kopyor (Gresik)

Bongko kopyor ini menjadi hidangan buka puasa favorit warga Gresik. Bongko kopyor ini terdiri dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu kuliner spesial ini dibuat menggunakan bahan baku tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, dan roti tawar. Bila Anda tergiur dengan kenikmatannya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Kelezatan bongko kopyor ini konon menjadi salah satu penyemangat untuk menyambut datangnya Ramadhan.

Mie Glosor (Bogor)

Kota hujan satu ini memang terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Salah satu penganan lezat dari Bogor untuk menu buka puasa adalah Mie Glosor. Uniknya, mie ini hanya hadir ketika ramadhan saja. Mie glosor disukai untuk menu buka puasa karena kuahnya yang segar dan tekstur mie nya yang kenyal. Mie glosor banyak dijual menjelang berbuka dan menjadi pilihan favorit mereka yang berbuka di luar rumah.

Kicak (Yogyakarta)

Yogyakarta identik dengan makanan manis. Menu khas ramadhan nya pun tak jauh dari unsur manis. Kicak, kudapan legit ini menggunakan bahan dasar beras ketan. Ketan yang sudah ditanak kemudian dihaluskan sehingga mirip dengan jadah atau gemblong. Kemudian dicampur kelapa parut dan potongan buah nangka sebagai pelengkapnya. Rasa manis dan aroma wangi nangka membuat penganan ini makin enak. Apalagi penyajiannya dibungkus dengan daun pisang. Kicak hanya dijual saat bulan ramadhan dan aroma nangkanya menggoda siapa saja ingin segera melahapnya begitu adzan magrib tiba.

Gulai Kakuwah (Bengkulu)

Bengkulu punya hidangan khas ramadhan yang menggugah selera, gulai kakuwah namanya. Gulai bersantan dan memiliki rasa kombinasi gurih dan pedas ini terbuat dari ikan laut atau ikan air tawar yang dibumbui dengan bumbu khas sehingga rasanya kuat dan meresap hingga ke tulang ikan. Warga Bengkulu suka menyajikan gulai ini untuk sahur ataupun berbuka karena rasanya yang nikmat. Gulai Kakuwah bisa didapatkan selama bulan ramadhan dengan harga yang terjangkau dan rasa yang lezat.

Menu khas Ramadhan selalu identik dengan makanan segar nan bercita rasa tinggi. Momen berbuka puasa memang selalu membuat orang ingin menyantap hidangan enak dan kenyang. Apakah di daerah Anda juga memiliki menu khas seperti ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading