Sukses

Lifestyle

10 Dim Sum Yang Populer di Indonesia

Dim Sum sebenarnya adalah menu santapan yang disajikan ala Tionghoa. Umumnya menu makanan disajikan dalam steamer yang terbuat dari bambu, atau piring kecil. Menu makanan biasanya yang digoreng atau dikukus.

Dim Sum sendiri, biasa dihidangkan pada saat yum cha (acara minum teh), di mana tradisi ini berawal sejak jalur sutera menjadi jalur yang sangat ramai dilewati para pedagang.

Sebenarnya, ada lebih dari lusinan jenis dim sum. Tetapi, kali ini kami tak akan membahas semuanya. Vemale akan membahas 10 jenis dim sum yang populer dan sering dijumpai di Indonesia.

Yuk mulai.

(vem/bee)

Har Gow

Atau disebut juga dengan shrimp dumplings. Dim sum jenis ini adalah berupa cacahan udang yang diisikan pada kulit tepung yang sangat tipis sekali. Tepung tersebut biasanya agak transparant, rasanya lembut dan sedikit kenyal.

Shaomai

Lidah kita sering menyebutnya siomay. Pada tradisi dan resep aslinya, isi siomay sebenarnya adalah babi atau udang. Biasa dibungkus dengan kulit yang agak tebal (lebih tebal dari kulit har gow), kemudian dibentuk bak bunga.

Di atasnya ditaburi telur kepiting berwarna orange.

Char Siu Baau

Baau berarti dipanggang atau dikukus. Merujuk pada roti yang terbuat dari tepung dan saat dimasak akan mengembang bak pipi chubby. Di dalamnya biasanya diisi dengan sayuran, daging atau kacang-kacangan.

Sedangkan Char Siu Baau ini, umumnya diisi dengan babi yang dibarbekyu ala Kanton. Dikukus dan bagian luarnya dilapisi gula agar mengkilap.

Mantou

Mirip dengan Char Siu Baau, namun roti yang satu ini disajikan tanpa isi apapun. Rotinya kenyal dan lembut, seperti meleleh dan menari di atas lidah.

Phoenix Claws

Disebut phoenix claws karena sebenarnya ini adalah kaki ayam yang direndam dalam bumbu, direbus, digulingkan di saus kental, kemudian baru dikukus.

Teksturnya ringan dan berbumbu, sangat empuk dan mengeluarkan rasa lezat dan gurih di setiap gigitan.

Spare Ribs

Masih soal daging-dagingan, biasanya daging yang disajikan adalah daging babi atau sapi namun bagian iga. Dipotong memanjang dan dimasak dengan bumbu yang meresap. Ada yang disajikan dengan digoreng maupun dikukus.

Steamed Meatball

Baso ini dibuat dari daging sapi pilihan yang segar, kemudian dihancurkan dan direbus dalam bentuk bola-bola. Disajikan dengan potongan kulit jeruk yang segar agar tidak amis.

Lotus Leaf Rice

Nasi yang yummy ini dimasak dengan campuran kuning telur, kepiting, jamur, daging ayam atau babi, serta cacahan kacang. Kemudian dibungkus dalam daun teratai sehingga aromanya wangi dan berbeda dari biasanya. Wajib dicoba deh yang satu ini.

Spring Roll

Adalah jenis dim sum berupa racikan sayuran seperti: wortel, kol, jamur, yang dicacah tipis dan dicampur daging kemudian dibungkus dalam kulit tepung yang tipis dan digoreng.

Rasanya? jangan ditanya, kerenyahannya membuat Anda tak ingin berhenti makan.

Tofu Skin Roll

Hampir sama seperti spring roll, hanya saja yang satu ini bungkusnya tidak terbuat dari tepung, melainkan dari tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading