1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Fintech Sedang Ngetrend, Ini Tips Aman Agar Tak Tertipu Layanannya

Senin, 29 Oktober 2018 00:01 Penulis: Winda Carmelita
Memilih pinjaman fintech terpercaya | ┬ęShutterstock.com

Vemale.com - Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyediakan kemudahan di aneka bidang, mulai dari belanja, transportasi, bahkan untuk mendapatkan kebutuhan pokok. Bidang keuangan pun tak lepas dari sentuhan teknologi dengan bermunculannya perusahaan fintech. Ada beragam layanan yang diberikan, mulai dari payment, investasi, hingga peer to peer lending yang dikenal sebagai pemberi pinjaman online.

Sayangnya, kekurangan informasi bikin masyarakat sering menjadi korban penipuan. Gunakan beberapa tips untuk memilih Pinjaman FinTech Terpercaya dan aman berikut ini.

Pilih yang Berada di Bawah Pengawasan OJK

Ada banyak Fintech yang berkembang, namun ternyata tidak semuanya berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. OJK sudah lama menjadi barometer fintech yang legal dan diakui oleh pemerintah.

Hingga Juni 2018, baru tercatat 54 perusahaan financial technology, yang terdiri dari 53 perusahaan konvensional dan 1 fintech syariah. Sebaiknya, hindari mengambil pinjaman di fintech yang statusnya masih berada pada peninjauan OJK, walau mendapatkan penawaran yang super menarik.

Bandingkan dengan Fintech Lainnya

Seperti membuat keputusan yang berhubungan dengan uang lainnya, selalu jadi hal baik untuk membandingkan satu dengan yang lain. Begitu juga saat memutuskan untuk meminjam uang dari Aplikasi Pinjaman Online. Bandingkan kualitas masing-masing fintech, seperti berada di bawah pengawasan OJK, banyaknya peminjam, proses persetujuan yang cepat, dan sistem penagihan yang jelas.

Manfaatkan Aplikasi Simulasi Kredit

Hingga Juli 2018, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKi sudah mencatat lebih dari 50 pengaduan terhadap aplikasi kredit online. Bentuk pengaduannya pun bermacam-macam, dari cara penagihan, sistem perhitungan bunga, hingga perhitungan denda yang kurang jelas.

Untuk menghindari hal ini, manfaatkan teknologi dalam bentuk aplikasi untuk mensimulasikan kredit. Portal khusus ini dapat digunakan untuk menghitung bunga, cicilan, dan memberikan simulasinya. Tinggal masukkan angka pinjaman pokok, jumlah bunga, serta jumlah tenor dalam hitungan bukan. Hasilnya pun terlihat dalam waktu singkat, sehingga dapat dilakukan dengan cepat sebelum tanda tangan kontrak.

Jangan Abaikan Kebijakan Privasi dan Fasilitas Layanannya

Walau cukup penting, hal ini paling sering diabaikan oleh pengguna fintech. Padahal kebijakan privasi dan fasilitas layanannya bisa dijadikan tolok-ukur kualitas, keamanan, dan tanggung jawab dari fintech terkait. Sayangnya, aplikasi terkadang tidak mencantumkan-nya dan hanya muncul di situs resminya.

Pinjam Sesuai Kebutuhan

Walau prosesnya tergolong mudah dan cepat, Ladies tetap harus mawas diri. Jangan tergiur untuk meminjam uang melebihi kebutuhan, karena bagaimana pun juga pinjaman online tersebut juga menjadi utang yang harus dibayar. Sebaiknya, takar kemampuan diri sendiri terlebih dahulu dalam membayar cicilan per bulan, agar terhindar dari denda atau penalti.

Perlu pinjaman uang dengan cepat dan terpercaya? #MulaiAjaDulu dari Tokopedia yang mampu memberikan dana super cepat tanpa jaminan. Tinggal menentukan jumlah pinjaman, pilih program pinjaman yang sesuai, dan ajukan pinjaman ke mitra penyedia. Jangan sampai salah pilih fintech penyedia pinjaman, ya!

(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Keuangan
  2. Advertorial
#KapanLagiChallenge - Jefri Nichol & Amanda Rawles