1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

4 Tipe Berbeda Orang dalam Memperlakukan Uang, Kamu Tipe yang Mana?

Sabtu, 11 Agustus 2018 13:00 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Keuangan/ Copyright : unsplash.com/ rawpixel

Vemale.com - Karakter seseorang memang bisa dilihat melalui banyak hal, seperti cara berbicara, hobi atau kegemaran, zodiak, dan sebagainya. Namun, selain itu kamu juga bisa tahu karakter seseorang dari bagaimana ia memperlakukan uang dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun terlihat sepele, namun karakter seseorang dapat terlihat bagaimana cara ia mengatasi masalah keuangan.

Faktanya, kekayaan seseorang juga bisa menjadi bentuk ekspresi diri yang tidak disengaja. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini ulasannya.

1. Tipe penimbun
Untuk tipe ini, baginya tidak ada yang namanya pengeluaran mendadak. Semua hal yang berbau keuangan tentunya harus dipikirkan dan dipertimbangkan baik-baik sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Kamu mempunyai pikiran dengan menghambur-hamburkan uang akan membuat jatuh miskin nantinya. Sayangnya, banyak orang di sekitarmu yang akhirnya menganggap bahwa kamu pelit karena tidak mau mengeluarkan uang.

2. Tipe pemain
Sebaliknya, tipe ini sangatlah mudah menghabiskan uang alias boros. Mereka akan menghabiskan uang hanya untuk kesenangan pribadi. Kamu hanya menggunakan uang sesuai cara kamu memandang hidup sebagai sebuah permainan dan kemakmuran adalah prinsip hidup. Kamu tipe orang yang terlalu gengsi untuk mengakui keterbatasan masalah finansialmu.

3. Tipe penghindar
Tipe ini menganggap masalah keuangan tidak seharusnya dibahas karena finansial dapat mempengaruhi kehidupan baik secara sikap, keyakinan, bahkan emosi dalam perilaku. Kamu akan merasa tidak nyaman jika ada seseorang yang sering membahas hal tersebut. Itulah yang membuatmu sulit untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan finansial. Biasanya saat menikah nanti, orang tipe ini akan menyerahkan segala urusan keuangan rumah tangga kepada pasangannya.

4. Tipe perencana
Tipe ini lebih tahu mana saat yang tepat untuk mengeluarkan uang dan tahu waktu yang tepat untuk berhemat. Kamu sangat tahu bagaimana memperlakukan uang dengan bijak dan dapat mendukung tujuan hidup jangka panjang. Misalnya kamu ingin berencana menabung untuk pernikahan, maka kamu akan berusaha untuk menyisihkan uang untuk menabung ketimbang menghabiskannya untuk bersenang-senang. Namun, tipe ini juga seringkali merasa kesulitan mengatur keuangan jangak pendek karena hanya fokus pada jangka panjangnya saja.

Memang tiap orang selalu berbeda dalam memperlakukan uang baik itu negatif maupun positif. Jadi, kamu termasuk tipe yang mana?

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
#MovieTalk DOA: Cari Jodoh - Trailer Reaction