1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Punya Masalah Keuangan? Yuk Coba Maksimalkan Tabungan dengan Cara Ini

Jum'at, 10 Agustus 2018 12:00 Penulis: Luthfia Miranda Putri
Keuangan/ Copyright : unsplash.com

Vemale.com - Menabung merupakan hal yang sulit dilakukan jika kamu tidak memiliki niat dan tujuan yang jelas. Apalagi ada banyak hal yang harus kamu beli saat menabung seperti liburan, membeli perabotan rumah, kebutuhan, dan biaya tak terduga. 

Menabung memang terlihat mudah jika sudah menjadi kebiasaan. Dengan menyiapkan rencana dan strategi yang pas, kamu bisa memaksimalkan tabungan agar semua barang yang kamu inginkan bisa didapat. Untuk itu kamu perlu lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Tentukan tujuan yang realistis
Dengan menetapkan tujuan yang jelas dan realistis, maka kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Mulailah menetapkan tujuan dalam 3 bagian yaitu untuk waktu jangka pendek, waktu jangka sedang, dan waktu jangka panjang. Dengan membagi jangka waktu dan menata prioritas dalam menabung, kamu bisa memisahkan kebutuhan dan keinginan.

2. Selalu berikan hadiah kecil saat berhasil menabung
Jika kamu selalu sulit untuk menyisihkan uang untuk menabung, kamu bisa memberikan hadiah kecil pada dirimu sendiri saat sudah berhasil menabung. Misalnya selama sebulan kamu mencoba menghemat uang transportasi dan memilih berjalan atau naik angkot untuk pergi bekerja, maka kamu bisa menjadikan hal ini kebiasaan dan uangnya bisa kamu belikan baju baru.

3. Pisahkan antara tabungan dan pengeluaran
Dengan memisahkan tabungan dan pengeluaran, kamu jadi bisa memprediksi uang yang keluar dan tahu betul uang kamu gunakan dipakai untuk apa saja. Melakukan hal ini memang susah pada awalnya, namun jika kamu sedikit berusaha bisa membuatmu bijak dalam mengelola uang.

4. Mulai cobalah melakukan investasi
Setelah menyusun rencana dan tujuan, maka kamu sudah bisa menyusun investasi. Hal ini penting agar kamu bisa membuat tujuan yang lebih besar saat mengelola uang.

Nah, itu dia yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan tabungan. Memang butuh usaha dan kesabaran yang kuat dalam menjalaninya, namun selalu ingatlah bahwa menabung adalah hal yang selalu kamu butuhkan untuk bisa mencapai impianmu. Selamat mencoba!

(vem/mgg)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Keuangan
Ruben Onsu Cari Pertolongan, Orang-Orang Terdekatnya Jadi Korban