1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Mengenal Lebih Dekat Kartu ATM Berlogo GPN dan Manfaatnya

Rabu, 01 Agustus 2018 13:30 Penulis: Ayu Puji Lestari
Ilustrasi/copyright unsplash.com/@belart84

Vemale.com - Ladies, bulan Mei lalu Bank Indonesia meluncurkan kartu berlogo GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. GPN adalah sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank. GPN memudahkan masyarakat jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant.

Semua lembaga perbankan yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistim GPN dan wajib merilis kartu debit dengan logo garuda ini. Seperti yang dilansir dari liputan6.com (12/7) Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN BI, Pungky P Wibowo, mengungkapkan sejak diluncurkan pada Desember tahun lalu, jumlah kartu debit berlogo GPN terus bertambah. Hingga Mei 2018, tercatat setidaknya sudah 497 ribu kartu debit berlogo GPN yang sudah terdistribusi. Adapun jumlah kartu yang sudah dicetak logo GPN sudah ada sekitar 937 ribu keping.

Nah, sosialisasi tentang GPN ini pun terus dilakukan. Untuk memfasilitasi penukaran kartu berlogo GPN, BI juga bekerja sama dengan perbankan menyelenggarakan Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia selama periode 29 Juli - 3 Agustus 2018.

Kamu tidak perlu khawatir jika belum sempat menukarkan kartu ATM atau debit kamu dengan logo GPN, selanjutnya akan dilakukan kegiatan serupa secara bertahap di 3 tahap berikutnya yang akan diselenggarakan hingga Oktober 2018. Hal ini sejalan dengan kewajiban pencantuman logo nasional (GPN) untuk kartu ATM atau debet yang telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2018.

Dikutip dari keterangan tertulis BI, Selasa (31/7/2018), berikut ini lima manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit GPN:

  1. Masyarakat dapat mengunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.
  2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.
  3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).
  4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).
  5. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien. Berikut perbandingan skema harga sebelum dan sesudah implementasi GPN.

Setelah mengetahui apa itu GPN dan manfaatnya, jangan ragu untuk segera menukarkan kartu ATM atau debit kamu ke Bank terdekat ya, ladies.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Kocak, Beredar Meme 'Blackpink' Berhijab