Sukses

Lifestyle

Belakangan Ini Merasa Boros Banget? Jangan-jangan 5 Hal Ini Pemicunya

Ladies dan Mom, tak terasa tanggal sudah mencapai angka buncit. Artinya, gajian sudah tiba! Eits, jangan keburu senang dulu. Gaji yang masuk ke rekening kita sebetulnya hanyalah mampir karena sesegera mungkin setelah gaji diterima, kita harus melunasi serangkaian tagihan dan hutang-hutang supaya tak menjadi beban.

Namun banyak orang yang merasa bahwa setelah gajian dan membayar tagihan serta hutang, tak ada yang tersisa lagi untuk ditabung. Wah kalau hal itu terjadi padamu, sepertinya kamu harus mereview lagi ke mana perginya uang-uang yang selama ini kamu belanjakan. Jangan-jangan, hutang yang tercipta sebetulnya juga karena pembelanjaanmu yang kelewat batas.

Overspending ini memang harus dikendalikan. Kita harus menyadari apa saja yang memicu kita untuk memboroskan uang, bahkan jika itu masalahnya berasal dari kondisi psikologis dan mental kita. Berikut ini permasalahan psikologis yang seringkali berujung dengan pemborosan:

Bosan dan butuh hiburan

Pemicu: Memboroskan uang untuk berbelanja sebagai bentuk hiburan dan pelepasan dari rasa bosan
Solusi: Mulailah mencari kegiatan atau hobi (yang terjangkau dan tidak memboroskan uang pastinya). Ajaklah teman atau saudaramu untuk melakukan hobi tersebut bersama-sama sehingga kamu bisa terkontrol.

Kurang rasa percaya diri

Pemicu: Rasa percaya diri ternyata erat kaitannya dengan kebiasaan berbelanja. Seseorang yang merasa sedang tak percaya diri membutuhkan hal untuk mengembalikan self-esteemnya. Salah satu pelarian yang dianggap menjadi stress-relief adalah berbelanja.
Solusi: Bacalah buku-buku psikologi atau artikel self-help tentang kepercayaan diri. Belajar menciptakan rasa percaya diri yang tak memerlukan pengeluaran uang.

Sedih dan emosi

Pemicu: Kesedihan dan emosi butuh diredakan. Dengan berbelanja, energi negatif itu seolah tersalurkan
Solusi: Temukan cara lain untuk melepaskan emosi negatif tersebut. Bisa dengan berjalan-jalan, mengobrol dengan teman atau menonton film favoritmu. Carilah alternatif yang gratis untuk menenangkan diri.

Terpengaruh orang lain

Pemicu: Terkadang sesuatu terjadi di luar rencana kita, misalnya teman yang tiba-tiba mengajak liburan ke luar kota atau belanja bareng
Solusi: Jujurlah dan terbukalah pada temanmu. Katakan padanya batas pengeluaranmu dan juga aktivitas yang kamu bisa atau tidak bisa ikuti kaena hal itu. Tak masalah kok jika kamu tidak ikut dalam setiap kegiatan yang gengmu lakukan karena alasan ini. Jika mereka adalah teman sejatimu, tentu mereka akan memaklumi.

Itu dia beberapa hal yang seringkali memicu kita untuk mengeluarkan uang lebih dari rencana kita. Apakah kamu punya pengalaman serupa, dan bagaimana caramu mengatasinya? Bagikan komentarmu di kolom komentar yuk, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading