1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Belajar Memahami Cara Mengatur Keuangan dari Generasi Milenial Yuk!

Selasa, 10 Juli 2018 15:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Cara mengatur keuangan generasi milenial/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Anak zaman sekarang tentu punya pemikiran dan pemahaman berbeda mengenai segala yang menjadi tanggung jawabnya, termasuk dalam hal mengatur keuangan. Orang yang lebih tua mungkin mengira anak generasi milenial tidak bisa mengatur keuangannya, karena sudah dimanjakan dengan segala kemudahan.

Penasaran nggak sih bagaimana kids zaman now mengatur keuangan? Dilansir dari gobankingrates.com, ini beberapa hal yang bisa kita pelajari dari kebiasaan mengatur keuangan para generasi milenial.

1. Banyak resolusi keuangan
Mneurut survey, ternyata generasi milenial memiliki resolusi keuangan lebih banyak dan populer dibandingkan kelompok usia lainnya. Generasi milenial dengan usia 25 hingga 34 lebih memilih untuk menabung lebih banyak dan menghabiskan lebih sedikit.

2. Menyesal tidak menyimpan banyak uang
Terkenal tak bisa mengatur keuangan dengan baik, ternyata tahun 2017 diketahui bahwa sebagian besar generasi ini menyesal karena terjebak dengan sifat boros dan kurang menabung. Mereka banyak membelanjakan uang untuk hal-hal tak penting.

3. Pinjaman menguras tabungan
Sayangnya, untuk mencukupi kebutuhan gaya hidup seringkali mereka terjebak dengan pinjaman dan menguras tabungan masa depan.

Generasi milenial lebih banyak belanja ketimbang menabung/copyright Pixabay.com/bruce mars

4. Mahalnya biaya hidup di kota
Ketika membangun kehidupan di kota, generasi masa kini belum bisa menghadapi arusnya yang deras. Pada akhirnya uang habis untuk biaya hidup mahal di kota.

5. Banyak tabungan dibanding hutang kartu kredit
Meski banyak yang tak bisa menabung, ternyata sebagian lainnya justru punya tabungan lebih besar dibanding jumlah hutang kartu kreditnya. Bagi sebagian milenial yang sadar biaya hidup yang tinggi, mereka membiasakan diri untuk menabung.

6. Hanya memiliki 1 kartu kredit
Generasi milenial diketahui hanya punya satu kartu kredit, meski ini juga bukan cara mengatur keuangan dengan baik, namun tetap saja mereka cukup bisa menahan diri untuk tidak membuka banyak kartu kredit.

7. Punya beberapa tabungan
Merasa boros dan mudah tergoda belanja, pada akhirnya generasi milenial memilih membuka banyak tabungan agar uangnya bisa 'diselamatkan'.

Generasi milenial punya banyak tabungan agar tidak tergoda belanja/copyright Shutterstock.com

8. Berhemat daripada berbelanja
Ketika mereka sadar bahwa seminggu belakangan sudah banyak melakukan hedonisme, biasanya mereka memilih untuk hidup hemat selanjutnya daripada belanja banyak hal di luar. Bisa dengan masak sendiri di rumah dan lain sebagainya.

9. Tidak memiliki tabungan pensiun
Sayangnya, generasi milenial belum kepikiran tentang pensiun, dan mereka masih belum punya dana pensiun untuk bisa diandalkan di masa depan.

Berbeda dengan generasi yang lebih tua, biasanya mereka akan mengesampingkan memenuhi gaya hidup dan memilih untuk menabung. Prioritas orang yang lebih tua biasanya adalah memenuhi kebutuhan keluarga, melunasi hutang atau menyisihkan uang demi dana pensiun.

Jadi, bagaimana menurut kamu tentang cara mengatur keuangan para generasi milenial?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
#AccousticInterview Ghea Indrawari - Rinduku (Part 1)