1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Hindari Keborosan, Jangan Belanja Setelah Jam Kerja

Kamis, 05 Juli 2018 15:45 Penulis: Ivana Okta Riyani
Copyright: unsplash/kevin grieve

Vemale.com - Belanja, sebuah aktivitas yang tak bisa lepas dari wanita. Sepertinya belanja jadi agenda wajib yang harus dilakukan. Tak jarang, belanja juga jadi pelampiasan wanita saat sedang stres. Nah, ada satu penelitian yang menyarankan untuk tidak belanja setelah jam kerja. Mengapa demikian Ladies?

Saat pulang kerja, kita cenderung akan merasa lelah. Well, penelitian neurosains menunjukkan bahwa kelelahan mental dapat membuat seseorang belanja secara impulsif. Kelelahan ini akan mematikan area otak yang bertugas mengevaluasi keputusan.

Saat belanja sepulang kerja, mungkin saja kamu tidak akan membuat keputusan terbaik. Para peneliti melihat adanya kaitan antara kelelahan harian setelah bekerja dengan pengendalian diri saat belanja. Ketika area otak yang disebut lateral prefrontal cortex atau LPFC tidak bekerja dengan kecepatan penuh, seseorang menjadi lebih irasional dengan pilihannya. Biasanya waktu enam sampai delapan jam kerja dalam sehari atau lebih mampu membuat seseorang jadi impulsif.

Saraf yang lelah akan menginduksi situasi kehidupan nyata dan memiliki dampak penting pada keputusan ekonomi. Lalu, adakah solusinya? Beristirahatlah setelah hari kerja yang panjang untuk menghindari sikap impulsif ketika belanja. Tekan keinginan belanja keesokan harinya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Essential Oil Yang Aman Untuk Anak Usia 3 Bulan - 8 Tahun