Sukses

Lifestyle

Kapan Waktu yang Tepat Buka Rekening Tabungan untuk Anak?

Untuk mengajarkan anak menabung memang perlu dimulai sejak kecil. Mulai dari celengan ayam dan mengumpulkan banyak uang koin hingga anak bisa mengumpulkan uang lembaran meskipun nominalnya kecil.

Ketika anak rajin menabung, tentu jumlah uang yang dikumpulkan juga akan semakin banyak. Jika hanya dikumpulkan di dalam celengan, susah mengaturnya, tidak seperti ketika kamu menabung di bank. Itulah mengapa banyak orangtua kemudian berpikir, kapan waktu yang tepat membuka rekening tabungan untuk anak?

Hal ini perlu diketahui juga untuk banyak orangtua. Seperti pengalaman Mom Marlisa Tenggara dari Babyologist yang mengungkapkan bahwa pentingnya mulai membuka rekening tabungan di bank untuk anak.

Beberapa bank di Indonesia juga sudah menyediakan layanan untuk membuka rekening bank khusus anak-anak. Apakah bedanya?

Pentingnya membuka rekening untuk tabungan anak/copyright Shutterstock.com

Tabungan khusus anak umumnya dibuat dan diprogram pemerintah untuk membantu menabungkan uang untuk anak, agar tidak tercampur jadi satu dengan uang kebutuhan pribadi dan rumah tangga. Umumnya biaya administrasinya tidak mahal seperti rekening tabungan dewasa. Tidak bisa melakukan penarikan bebas, hanya bisa dilakukan di bank, dan tidak bisa digunakan sebagai debit belanja.

Anak-anak terkadang mendapat uang saku saat lebaran atau saat hari biasa, entah itu dari neneknya dan kerabat dekat dan lain sebagainya. Uang ini jika dikumpulkan, jadinya tidak sedikit. Apalagi jika anak dibiasakan untuk selalu menyisihkan uang sakunya yang sisa untuk ditabungkan. Pada waktunya nanti, uang anak ini bisa dikumpulkan dan menjadi bekalnya untuk membelanjakan sesuatu untuk anak sendiri.

Tabungan anak juga bisa dipergunakan orangtua untuk menyisihkan atau menabung dana pendidikan anak. Karena biaya pendidikan masa kini semakin mahal, anggaran dana pendidikan bisa disisihkan di rekening tersendiri, yaitu rekening tabungan anak.

Jadi, kira-kira kapan waktu yang tepat membuat rekening tabungan anak? Saat kamu sudah merasa perlu untuk menyisihkan sendiri dana untuk anak dan saat tabungan anak sudah mulai banyak. Begitu ya Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading