1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Tips Menghitung Rasio Utang Agar Pengajuan KPR Mudah Diterima

Sabtu, 16 Juni 2018 13:00 Penulis: Winda Carmelita
Ilustrasi/Foto: copyright pexels.com

Vemale.com - Memiliki rumah idaman memang tak semudah diangan. Tetapi bisa diusahakan asalkan penuh persiapan dan pertimbangan.

Saat ini sudah banyak bank-bank yang memberikan layanan KPR untuk cicilan rumah dengan bunga yang bervariasi. Namun, pada dasarnya semua prosedur pengajuan KPR di bank-bank di Indonesia hampir sama. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah rasio utang yang mampu ditanggung oleh orang yang mengajukan KPR.

Meski tak memiliki riwayat kredit, jika rasio utangnya besar tentu saja jadi pertimbangan pihak bank. Rasio utang maksimal yang bisa ditanggung seseorang adalah sekitar 30-40 persen dari total penghasilan tetapnya. Jika melebihi angka tersebut maka dianggap berisiko karena kemungkinan seseorang tidak dapat melunasi utang-utangnya.

Lalu bagaimana pertimbangan menghitung rasio utang yang masuk akal? Contoh kasus:

Penghasilan tetap Andi setiap bulannya Rp 8 juta.
Biaya hidup bulanan: Rp 4 juta
Cicilan motor: Rp 2 juta
Tabungan bulanan: Rp 2 juta

Meski rasio utang cicilan mobilnya tidak sampai 30 persen, tetapi bank akan mempertimbangkan memberikan KPR kepada Andi karena ia masih punya tanggungan utang lain dan sisa penghasilan untuk ditabung yang mepet.

Perhitungan yang lebih bijak adalah dengan melunasi cicilan motor terlebih dahulu, baru melangkah selanjutnya mengambil KPR. Rinciannya sebagai berikut:

Penghasilan tiap bulan Rp 8 juta
Biaya hidup bulanan: Rp 3,5 juta
Tabungan bulanan: Rp 4,5 juta

Dengan tabungan Rp4,5 juta dan tanpa utang, maka pihak bank akan lebih mudah memberikan KPR dengan asumsi cicilan rumah per bulannya Rp 2 juta - Rp 2,5 juta. Tanpa mengganggu pos keuangan lain dan masih memiliki tabungan darurat.

Sebelum mengambil KPR pastikan berkonsultasi dan hindari pemalsuan data karena hal ini justru akan menyusahkanmu di kemudian hari jika tidak dapat melunasi utang. Semoga informasi ini membantumu ya, Ladies.

(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering