Sukses

Lifestyle

THR dan Gaji Datang Bersamaan? Ikuti 5 Tips Cerdas Mengolahnya

Ladies, apa yang paling ditunggu saat ramadan ini? Yup, selain waktu berbuka yaitu pembagian THR oleh perusahaan. Well, beberapa perusahaan bahkan membagikan THR hampir bersamaan dengan gaji. Hmm, setelah lebaran bisa kehabisan uang nih jika tidak pandai mengolahnya.

Nah, berikut ini adalah 5 cara mengolah gaji dan THR yang datang hampir bersamaan. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Buat Anggaran

Mulai dengan menyusun pengeluaran kamu selama satu bulan. Sisihkan untuk kebutuhan pokok kamu, selama satu bulan kamu. Pada dasarnya pengeluaran kamu tetap sama. Jangan memaksakan menggunakan uang THR untuk kebutuhan pokok kamu.

2. Bayar Tagihan

Bayar semua tagihan kamu dengan menggunakan dana dari gaji. Jika kamu memiliki angsuran yang harus kamu bayar, kamu dapat menggunakan THR untuk membayarnya. Hal ini akan membantu meringankan kamu di masa depan.

3. Sisihkan untuk Tabungan

Bersenang-senang dengan uang THR tidak ada salahnya, namun jangan lupa untuk menyisihkan sebagai tabungan dan dana darurat. Hal ini bermanfaat untuk menekan pengeluaran yang tidak penting.

4. Mulai Berinvestasi

Manfaatkan THR yang kamu dapat untuk berinvestasi. Pilih investasi yang sesuai dengan kamu, jangan tergoda dengan investasi dengan return yang tinggi, karena biasanya juga memiliki risiko yang tinggi pula.

5. Atur Prioritas

Well, saatnya mengukur kemampuan kamu dalam membuat prioritas. Saat menerima gaji dan THR secara bersamaan memang menyenangkan, namun jangan salah buat skala prioritas mana yang kamu butuhkan atau sekadar kamu inginkan.

Well, demikian tips yang dapat kamu lakukan saat menerima gaji dan THR secara bersamaan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bijaklah dalam belanja.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading