Sukses

Lifestyle

3 Pemborosan yang Sebenarnya Bisa Diakali saat Ramadan

Ramadan datang lagi, keberkahan mengikuti! Di samping bulan yang penuh dengan ekstra pahala, satu hal yang pasti membuat orang senang dengan kehadiran Ramadan adalah karena munculnya kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga besar, kerabat, dan teman-teman lama.

Pada bulan-bulan lain, kita biasanya disibukkan dengan aktivitas pribadi. Saat Ramadan, kita bisa menghabiskan waktu dengan mereka melalui buka puasa bersama atau ke masjid beramai-ramai. Sayangnya, Ramadan juga kerap jadi momok untuk keuangan. Tidak sedikit orang yang merasa bahwa pengeluaran saat bulan puasa justru lebih banyak dibandingkan bulan-bulan lain.

Tapi, besaran pengeluaran ekstra ini kembali dianggap lazim karena pada akhirnya orang-orang juga mendapatkan tunjangan hari raya (THR) sebagai insentif tambahan untuk menambal uang yang sudah dibelanjakan. Lalu bagaimana kalau ternyata THR tidak berhasil menyelamatkan keuanganmu? Atau malah lebih buruk; kamu tidak mendapat THR karena masih berstatus mahasiswa atau pekerjaan yang belum tentu.

Bagaimana ya cara menghemat yang tepat agar dompet tetap aman hingga penghujung Ramadan? Kalau begitu, kamu mesti mencermati alokasi aktivitas mana yang memunculkan pemborosan paling signifikan. Dengan mengetahui porsi pengeluaran paling besar, kamu akan mudah mengakalinya. Tidak tahu aktivitas mana yang paling menyita pengeluaran? Coba tengok tiga hal di bawah ini.

Buka Puasa Bersama
Jika pada bulan-bulan biasa ada yang namanya undangan pernikahan, maka pada bulan Ramadan akan selalu diramaikan oleh undangan buka puasa bersama. Acara buka puasa bersama punya banyak manfaat, mulai dari wadah untuk reuni, sarana untuk bersilaturahmi, dan ada pula buka puasa bersama yang dijadikan tempat berbagi rezeki.

Buka puasa bersama terlalu sering hanya akan membuat keuangan menurun/copyright shutterstock.com

Tapi ajang bukber ini akan jadi momok bila dilakukan terlalu sering. Semakin sering ikut buka puasa bersama, maka akan semakin banyak uang yang keluar untuk membayar iuran berbuka. Kalau sudah seperti itu, ada baiknya kamu bersikap lebih bijak untuk memprioritaskan mana agenda buka puasa yang berfaedah. Jika hanya untuk hura-hura, mungkin pinggirkan dulu undangannya.

Belanja Pakaian Baru
“Baju baru, alhamdulillah… Untuk dipakai di hari raya…” Potongan lirik lagu itu sangat merefleksikan kebiasaan banyak orang selama bulan puasa hingga menjelang lebaran. Transaksi jual beli pakaian pada bulan tersebut biasanya naik cukup signifikan karena kebiasaan orang Indonesia yang memang doyan belanja demi tampilan yang lebih segar saat beribadah dari Ramadan hingga lebaran.

Belanja baju baru juga akan membuat keuangan cepat memburuk selama Ramadan/copyright shutterstock.com

Maka tak mengherankan jika pos pengeluaran untuk belanja pakaian baru jadi lebih besar dibandingkan bulan lain. Jadi, kalau tidak ingin pemborosan demi baju baru, tidak ada salahnya memberdayakan pakaian yang kondisinya masih terlihat bagus.

Belanja Tiket Pesawat untuk Pulang Mudik
Ada yang kurang rasanya kalau tidak pulang kampung saat hari raya. Tapi bukan rahasia lagi kalau harga tiket transportasi melonjak cukup drastis saat momen jelang lebaran. Mulai dari tiket bus, tiket kereta, apalagi tiket pesawat. Mau tak mau, masyarakat tetap berusaha membeli meski banderol tiket berada pada angka tertinggi. Apa kamu mengalami hal seperti ini juga?

Beli tiket kendaraan umum jauh-jauh hari sebelum lebaran agar harga tidak terlalu tinggi/copyright shutterstock.com

Terkadang, tiket mudik memang memakan porsi pengeluaran paling besar, terlebih lagi jika transportasi yang kamu gunakan adalah transportasi udara. Nah, jika belanja tiket pesawat untuk pulang mudik benar-benar memberatkanmu, mungkin sudah waktunya melirik alternatif transportasi lain. Selain itu, tiket pulang mudik juga bisa diakali dengan membelinya dari jauh-jauh hari.

Demikian tips menghemat yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat ya!
Sumber: iPrice Trend



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading