Sukses

Lifestyle

4 Cara Menghemat Uang Selama Bulan Puasa

Saat bulan puasa, biasanya orang mengalami banyak perubahan rutinitas, termasuk kebiasaan makan dan jajan. Entah mengapa, seringkali pengeluaran jadi lebih banyak dan lebih besar selama bulan ramadan. Meski sebenarnya kebutuhan makan berkurang, namun selalu saja ada banyak kebutuhan yang justru menguras kantong.

Untuk menyiasati pengeluaran yang tak terduga di bulan Ramadan, berikut 4 trik hemat dari Cashbac yang bisa kamu terapkan.

1. Jangan mudah tergoda
Bukan hanya saat gajian saja orang mudah tergoda beli banyak barang dan makan sembarangan. Bahkan saat puasa, karena keadaan lapar, orang jadi mudah tergoda beli banyak hal, terutama makanan. Entah itu takjil, menu buka puasa, sahur dan lain sebagainya, terutama ketika makan di luar, jelas harganya lebih mahal dibanding masak sendiri.

2. Siapkan budget tertentu
Jika tak ingin beli makanan berlebihan selama bulan Ramadan, tentukan budget bulanan. Misalnya saja 500 ribu untuk sebulan. Planning hemat ini akan memaksamu untuk tetap berpegang teguh pada budget yang sudah kamu tentukan apa pun yang terjadi. Entah itu makan di luar atau masak sendiri, kamu bisa atur sendiri.

3. Gunakan uang cash
Biasanya akan banyak pasar Ramadan selama bulan puasa, dan jika teman mengajak ngabuburit ke berbagai tempat ini, pastikan kamu punya uang cah tertentu. Jangan belanja melebihi uang yang ada di dompet.

4. Aplikasi pengatur keuangan
Jika masih tak bisa mengatur keuangan, kamu bisa meminta bantuan pada aplikasi yang mengatur keuanganmu. Kamu bisa mengunduhnya dan mengatur berapa pemasukan, pengeluaran kebutuhan dan lain sebagainya.

Jadi, jangan sampai bulan Ramadan justru bikin kantong jebol karena kamu gampang tergoda makan di luar dan beli banyak hal. Yuk, atur keuangan dengan baik selama bulan Ramadan, ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading