1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Agar Gaji Tak Hanya Numpang Lewat, Ini 5 Cara Mengelolanya

Sabtu, 12 Mei 2018 12:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Cara mengelola gaji/copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Setiap tiba tanggal gajian, kamu pasti akan bahagia. Tapi untuk beberapa orang, gaji hanya numpang lewat saja karena uang yang masuk ke rekening ternyata harus dibelanjakan untuk banyak keperluan. Lalu bagaimana caranya agar gaji tak hanya numpang lewat dan bisa kamu manfaatkan dengan optimal?

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini cara-cara hemat yang bisa kamu terapkan agar bisa mengelola gaji bulanan.

1. Mulai dengan Rencana

Akan lebih mengelola uang jika kamu punya rencana tetap sejak awal. Tuliskan apa saja kebutuhan yang harus kamu penuhi tiap bulannya. Dan susun rencana keuangan hingga akhir bulan sehingga kamu tidak sembarangan menggunakan uang dan memikirkan lebih jeli bahwa uang harus bertahan bahkan hingga tanggal gajian datang lagi. Pastikan kamu mengalokasikan dana untuk pengeluaran rutin dan tabungan. Jika memungkinkan, alokasikan juga untuk investasi.

2. Pisahkan dana tabungan dan investasi

Berapa pun gaji yang kamu terima, sisihkan setidaknya 10-20 persen untuk tabungan dan investasi dalam keuangan. Kamu bisa memisahkan kedua dana dalam rekening berbeda.

3. Pola hidup sehat dan belajar masak

Jika ingin hidup hemat, maka putuskan melakukan gaya hidup sehat seperti mengurangi makan di luar atau ngafe dengan teman-teman. Pilih juga teman-temanmu, jika gaya hidupnya mengancam kantongmu, sebaiknya hindari. Jika tidak benar-benar dibutuhkan, skip acara-acara yang menguras kantong. Kedua, masak sendiri makananmu. Bahan makanan di pasar lebih murah dan kamu bisa memangkas lebih banyak biaya makan.

Tips mengelola gaji bulanan/copyright Shutterstock.com

4. Hobi yang bisa jadi pekerjaan sampingan

Jika punya hobi yang bisa menghasilkan, maka lakukan hal itu lebih sering. Misalnya hobi fotografi, kamu bisa jadi fotografer bayaran atau menjual hasil jepretanmu di situs-situs penyedia gambar berbayar. Jika suka menulis, bisa tulis blog atau novel. Manfaatkan hobi yang bisa menghasilkan.

5. Kebiasaan menyimpan uang receh

Mungkin banyak orang masih mengabaikan uang receh, padahal jika bisa dikumpulkan, tanpa kamu sadari kamu punya tabungan sampingan yang tak bisa diabaikan. Kumpulkan saja di dalam botol air minum atau galon dan lihat berapa banyak yang bisa kamu kumpulkan.

Itu dia sekian cara mengelola gaji agar tidak hanya numpang lewat saja. Mengelola uang itu mudah asal kamu tahu bagaimana caranya.

Sumber:Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
9 Atlet Ganteng & Cantik Indonesia yang Berlaga di Asian Games 2018