Sukses

Lifestyle

Tips Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini, Catat Ya!

Ladies, sudah memutuskan akan pensiun di usia berapa? Nah, apakah kamu sudah mempersiapkan dana pensiun? Well, pasti jawabannya belum. Nyatanya mempersiapkan dana pensiun sejak dini memiliki manfaat yang banyak buat kamu. Tidak peduli profesi kamu, mempersiapkan diri agar mencapai kemandirian keuangan sejak dini sangat penting. Apalagi untuk menyambut usia tidak produktif lagi.

Baca Juga: 3 Program BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja Lepas

Ladies, berikut ini adalah manfaat menyiapkan dana pensiun sejak dini. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Persiapkan Sejak Dini

Kebiasaan untuk berhemat dan menabung tidak akan pernah tercapai jika kamu terus menunda untuk melakukannya. Alangkah baiknya jika kebiasaan menabung dimulai dari sekarang. Mintalah bantuan pihak perencana keuangan atau orang-orang yang sudah berpengalaman mengatur keuangan untuk membantu kamu melakukan penghematan.

Usahakan minimal ada tiga hingga sepuluh persen penghasilan yang ditabung setiap bulan untuk persiapan dana pensiun.

2. Mencatat Setiap Pengeluaran

Terkesan sepele namun mencatat setiap pengeluaran sangat penting kamu lakukan. Banyak orang lupa mencatat pengeluaran tidak terduga, yang berisiko sebabkan tabungan terkuras, atau yang terburuk, pendapatan kamu tidak mencukupi kebutuhan biaya di bulan terkait.

Padahal untuk menghemat pengeluaran untuk biaya konsumsi di kantor, kamu bisa membawa bekal makan siang atau membeli makan siang dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Menabung Sebagai Kewajiban

Gunakan tabungan khusus untuk menabung dana pensiun. Sisihkan tiga hingga sepuluh persen dari total gaji untuk menabung dana pensiun. Setelah menyisihkan uang tabungan rutin setiap bulan, barulah sisa pendapatan bisa digunakan untuk hal-hal lain yang sifatnya hiburan atau pelengkap.

4. Jika Berutang Lunasi Segera

Jika memiliki utang, alangkah baiknya bila kita segera melunasi. Utang yang bunganya besar akan menggerogoti pendapatan kamu secara teratur. Bahkan, banyak kasus menunjukkan hal tersebut berisiko memicu tindakan 'tutup gali lubang' yang semakin mempersulit kondisi keuangan.

5. Jangan Malas untuk Berinvestasi

Usahakan untuk memiliki investasi. Menabung saham, reksadana, emas bisa menjadi pilihan yang bijak buat kamu. Jangan mudah tergoda dengan investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Bijak memilih jenis investasi ini pun sangat penting.

Ladies, demikian 5 tips untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading