1. VEMALE
  2. /
  3. KEUANGAN

Catatan Keuangan, Sepele Tapi Tak Boleh Dilupakan Saat Mengelola Startup

Jum'at, 27 April 2018 00:01 Penulis: ayu
©thenextdev.id/stellamaris

Vemale.com - Sepertinya startup yang langsung sukses di langkah pertama hanya bisa dihitung dengan jari. Kurangnya dana sering dijadikan alasan nomor satu mengapa usaha di bidang digital mengalami kegagalan. Tapi hal ini tidak selalu dipicu oleh keterbatasan dana awal. Di beberapa kasus, kebangkrutan yang menimpa startup justru disebabkan oleh pengeluaran yang tidak tercatat.

Akibatnya, founder sering mengalami kesulitan dalam mengembangkan startup, karena dana yang masuk justru dihabiskan untuk hal-hal remeh. Hal ini menjadi fokus Aria Widyanto saat ditunjuk sebagai pembicara di The NextDev Academy 2018. Penggagas startup Amartha sejak tahun 2010 ini pengalamannya tidak perlu diragukan lagi, karena sudah malang melintang di dunia teknologi tanah air.

Mengusung materi “Finance Reporting & Projection: Don’t Track Your Money & Plan Wisely, pria yang menjabat sebagai Vice President ini mengingatkan akan pentingnya catatan pengeluaran. Biasanya, kesalahan umum yang dilakukan oleh penggagas startup adalah kurang cermat dalam mencatat pengeluaran, terutama yang berhubungan dengan tenaga kerja. Di luar gaji karyawan, biaya operasional yang digunakan oleh pemilik startup seringkali lolos dari pencatatan karena nilainya yang dianggap kecil.

Selain masalah catatan pengeluaran, pria berkacamata tersebut juga menjelaskan langkah pertama yang harus dipersiapkan oleh penggagas startup, yaitu yang berkaitan dengan laporan keuangan. Bukan hanya memperjelas perencanaan bisnis yang akan dijalankan, tapi perlu juga menentukan pencapaian yang diinginkan dan biaya yang dibutuhkan, termasuk merencanakan perolehan pendapatan bagi seluruh pendiri startup.

Dianggap sebagai salah satu yang vital dalam pengembangan startup, para peserta pun antusias mengikuti materi yang diberikan Aria dan mendapat pencerahan dalam mengelola keuangan. Ingin sukses dalam menjalankan bisnis? Yuk, kelola keuangan dengan lebih cermat berbekal tips dan trik yang diberikan di sini.

(vem/eth/ayu)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial
Ruben Onsu Cari Pertolongan, Orang-Orang Terdekatnya Jadi Korban