Sukses

Lifestyle

Cara Mengambil Uang di ATM Bersama dan Bermacam Bank

Zaman sekarang ini sudah bukan saatnya lagi menyimpan uang di bawah bantal atau di tempat tidur. Begitu juga membawa banyak uang tunai di dalam dompet atau tas. Bila sedang kehabisan uang, tidak perlu lagi pulang ke rumah untuk mengambil uang tunai. Hal yang sangat merepotkan bukan, jika kita harus bolak-balik pulang ke rumah hanya untuk mengambil uang. Karena itulah diciptakan alat yang bisa digunakan untuk mengambil uang kapanpun dan dimanapun.

Karena itu kemudian dibuatlah bank, keberadaan bank adalah menjadi agen yang bisa dipercaya untuk menyimpan uang Anda dengan aman, juga membantu untuk menyelesaikan permasalahan menyimpan dan mengambil uang. Lalu untuk menyelesaikan masalah kemudahan untuk mengambil uang dimanapun dan kapanpun, diciptakanlah ATM sebagai solusinya.

ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine (bahasa Inggris). Walaupun kini ATM sudah banyak dan mudah sekali ditemui. Ada sebagian orang yang menyimpan uangnya di bank masih belum tahu bahwa sebenarnya mereka bisa mengambil uang di ATM tanpa harus melalui teller bank. Bahkan tidak jarang pegawai bank disibukkan oleh nasabah yang mengambil uang tunai secara manual atau melalui teller. Padahal dengan mengambil uang lewat ATM lebih cepat dan sangat mudah.

Bila kita telah menjadi nasabah sebuah bank, kita akan menerima buku tabungan, juga sebuah kartu yang biasanya disebut kartu debit. Dengan menggunakan kartu ini Anda dapat mengambil uang di ATM dimanapun dan kapanpun juga. Bila Anda masih belum paham dan masih bingung, yuk simak saja langsung cara mengambil uang di ATM di bawah ini. Yakinkan Anda mengikuti petunjuk bagaimana cara mengambil uang di ATM sesuai dengan bank Anda.

 

1. Cara mengambil uang di ATM CIMB Niaga

  1. Pastikan dan pilihlah lebih dulu, Anda menginginkan pecahan uang jenis apa. 50.000 atau 100.000. Anda bisa menentukan jenis pecahan uang yang akan dikeluarkan oleh ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM
  2. Masukkan kartu ATM CIMB Niaga Anda ke dalam ATM CIMB Niaga
  3. Pastikan logo CIMB Niaga berada di posisi atas
  4. Selanjutnya masukkan pin ATM Anda yang berjumlah 6 digit itu. Hati-hatilah memasukkannya supaya tidak sampai salah, bila melakukan kesalahan sebanyak 3 kali, maka kartu ATM Anda akan diblokir.
  5. Kemudian akan muncul tampilan nominal angka yang akan Anda tarik dalam rupiah. Jika jumlah nominal telah sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan, maka Anda hanya perlu menekan tombolnya.
  6. Jika tidak pilih transaksi lainnya kemudian masukkan nominalnya.
  7. Lalu akan muncul konfirmasi pilihan nominal Anda. Jika sudah benar maka pilihlah Benar. Jika ternyata salah pilihlah Salah dan masukkan lagi nominalnya.
  8. Kemudian muncul pertanyaan Pilih rekening yang Anda inginkan
  9. Pilih Rekening tabungan
  10. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar.
  11. Lalu akan muncul pertanyaan: Apakah Anda ingin mencetak resi??. Anda memerlukannya jika menginginkan struk bukti transaksi. Jika Iya, maka jumlah saldo Anda akan muncul di struk, jika Tidak makan sisa uang Anda akan muncul di layar.
  12. Dan akhirnya akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? bila Anda memilih Tidak, maka mesin ATM akan mengeluarkan kartu Anda.
  13. Yakinkan bahwa semua hal telah berada di tempat yang aman sebelum Anda keluar meninggalkan ATM. Pastikan uang dan juga kartu ATM sudah diambil dari mesin ATM, dan telah dimasukkan ke dalam dompet.

 

2. Cara mengambil uang di ATM bersama

  1. Tidak semua kartu ATM bisa digunakan pada mesin ATM bersama. Oleh karena itu cek kartu ATM Anda, apakah terdapat logo ATM Bersama. Jika ada berarti Anda bisa menikmati fasilitas ATM bersama.
  2. Kemudian selanjutnya adalah dengan memastikan mesin ATMnya. Pastikan terdapat logo ATM bersama pada mesin ATM. Jika ada, Anda bisa menggunakan mesin ATM tersebut.
  3. Pastikan dan pilih lebih dulu jenis pecahan uang apa yang Anda inginkan. 50.000 atau 100.000. Anda bisa memilih jenis pecahan uang yang akan dikeluarkan oleh mesin ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM.

 

3. Cara mengambil uang di ATM BRI

  1. Pastikan lebih dulu Anda menginginkan jenis pecahan uang apa. 50.000 atau 100.000. Anda bisa pecahan uang yang dikeluarkan oleh ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM
  2. Masukkan kartu ATM BRI Anda ke dalam ATM BRI
  3. Pastikan logo BRI berada di posisi atas
  4. Kemudian pilih bahasa yang Anda ingin gunakan selama proses mengambil uang.
  5. Pada layar akan muncul pesan berupa tips aman bertransaksi di ATM, pilih lanjutkan
  6. Selanjutnya adalah, masukkan pin ATM yang berjumlah 6 digit itu. Usahakan agar tidak sampai salah, karena bila Anda salah memasukkannya sampai 3 kali maka secara otomatis kartu ATM Anda akan diblokir.
  7. Kemudian akan ditampilkan jumlah nominal angka dalam rupiah yang akan Anda tarik. Bila jumlah nominal telah sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda hanya perlu menekan tombolnya.
  8. Jika tidak pilih transaksi lainnya lalu pilih penarikan tunai kemudian masukkan nominalnya.
  9. lalu pada layar akan muncul konfirmasi pilihan nominal Anda. Jika sudah benar maka pilihlah Benar. Jika ternyata salah maka pilihlah Salah dan masukkan lagi nominalnya.
  10. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar beserta dengan resinya.
  11. Ada beberapa ATM yang memang tidak mengeluarkan resi karena kehabisan kertas atau memang di setting agar saldo hanya keluar di layar saja.
  12. Akhirnya akan muncul tulisan pada layar mesin ATM, Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? jika Anda memilih Tidak, maka mesin ATM akan mengeluarkan kartu Anda.
  13. Pastikan semua hal sudah berada di tempat yang aman sebelum Anda keluar dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam dompet.

 

4. Cara mengambil uang di ATM BNI

  1. Pastikan dulu apa pilihan jenis pecahan uang yang Anda inginkan. 50.000 atau 100.000. Anda bisa memilih jenis pecahan uang yang dikeluarkan oleh ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM.
  2. Masukkan kartu ATM BNI Anda ke dalam ATM BNI
  3. Pastikan logo BNI berada di posisi atas
  4. Lalu pilih dan tentukan bahasa yang ingin digunakan selama proses pengambilan uang.
  5. Selanjutnya masukkan pin ATM Anda yang berjumlah 6 digit. Usahakan agar tidak sampai salah memasukkan nomor pin sebanyak 3 kali. Karena jika salah hingga 3 kali maka secara otomatis kartu ATM Anda akan diblokir.
  6. Kemudian pada layar akan ditampilkan jumlah nominal angka dalam rupiah yang akan Anda tarik. Bila jumlah nominal yang Anda inginkan tersedia, selanjutnya Anda cukup menekan tombolnya saja.
  7. Jika tidak ada pilih penarikan jumlah lain kemudian masukkan nominalnya.
  8. Kemudian pada layar akan muncul konfirmasi pilihan nominal Anda. Jika sudah benar maka pilihlah Benar. Jika ternyata salah maka pilihlah Salah, dan masukkan lagi jumlah nominalnya.
  9. Kemudian muncul pertanyaan Pilih rekening yang Anda inginkan
  10. Pilih Rekening tabungan
  11. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar.
  12. Akhirnya akan muncul tulisan pada layar, Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? jika Anda memilih Tidak, maka mesin ATM akan mengeluarkan kartu Anda.
  13. Yakinkan bahwa semua hal sudah berada di tempat yang aman sebelum Anda keluar meninggalkan ruang mesin ATM. Jangan lupa untuk mengambil uang dan kartu dari mesin ATM.

 

5. Cara mengambil uang di ATM BCA

  1. Pastikan bahwa Anda mengambil uang pada ATM tarik tunai. Karena pada BCA terdapat tarik non tunai. Anda bisa pastikan di bagian atas mesin ATM.
  2. Pastikan dulu pilihan Anda, apa jenis pecahan uang yang Anda butuhkan. 50.000 atau 100.000.
  3. Masukkan kartu ATM BCA Anda ke dalam ATM BCA.
  4. Pastikan logo BCA berada di posisi atas.
  5. Selanjutnya adalah dengan memasukkan pin ATM Anda yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali. Jika salah hingga 3 kali maka kartu ATM Anda akan diblokir.
  6. Lalu akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang akan Anda tarik. Jika jumlah nominal yang Anda inginkan ada maka Anda hanya perlu menekannya.
  7. Jika tidak pilih transaksi lainnya pilih penarikan tunai kemudian masukkan nominalnya.
  8. Namun jika Anda ingin bukti berupa struk pilih transaksi lainnya, penarikan tunai lalu masukkan nominalnya.
  9. Kemudian akan muncul konfirmasi pilihan nominal Anda. Jika benar pilih Benar. Jika salah pilih Salah dan masukkan lagi nominalnya.
  10. Kemudian pada layar akan muncul Transaksi Anda sedang diproses
  11. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar.
  12. Diikuti dengan struk.
  13. Akhirnya pada layar akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? jika Anda pilih Tidak, maka mesin ATM akan mengeluarkan kartu ATM.
  14. Yakin bahwa semua hal sudah beres dan berada di tempat yang aman sebelum Anda pergi meninggalkan ruang mesin ATM. Jangan lupa mengambil uang dan kartu dari mesin ATM.

 

6. Cara mengambil uang di ATM Mandiri

  1. Pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang Anda inginkan. 50.000 atau 100.000. Anda bisa mengetahui pecahan uang yang dikeluarkan oleh ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM
  2. Masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke dalam ATM Mandiri
  3. Pastikan logo Mandiri berada di posisi atas
  4. Kemudian pilih bahasa yang Anda ingin gunakan selama proses mengambil uang
  5. Selanjutnya adalah dengan memasukkan pin ATM Anda yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali. Jika salah hingga 3 kali maka kartu ATM Anda akan diblokir.
  6. Lalu akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang akan Anda tarik. Jika jumlah nominal yang Anda inginkan ada maka Anda hanya perlu menekannya.
  7. Jika tidak pilih transaksi lainnya kemudian masukkan nominalnya.
  8. Kemudian akan muncul konfirmasi pilihan nominal Anda. Jika benar pilih Benar. Jika salah pilih Salah dan masukkan lagi nominalnya.
  9. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar.
  10. Kemudian akan muncul Apakah Anda ingin mencetak resi??. Hal ini diperlukan ketika Anda ingin punya struk bukti transaksi. Jika Iya, maka saldo Anda akan muncul di struk, jika Tidak sisa uang Anda akan muncul di layar.
  11. Terakhir akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? jika Anda memilih Tidak, maka kartu ATM akan keluar.
  12. Pastikan semua hal sudah berada di tempat yang aman sebelum Anda keluar dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam dompet.

 

Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading